Percasi Mura Cetak Atlet Catur Antar Pelajar

oleh -
Catur Antar Pelajar
Ketua Percasi Kab. Murung Raya Saat Memantau Kegiatan Turnamen Catur Antar Pelajar Se-Kabupaten Murung Raya Yang Dilaksanakan Di Stanion Mini Komp. Pemda Mura, Minggu (26/3)

Murung Raya, sorotindonesia.com – Pengurus Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI) Kabupaten Murung Raya menyelenggarakan Turnamen Catur Antar Pelajar Se-Kabupaten Murung Raya, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun yang dilaksanakan oleh Pengurus PERCASI Kab. Mura dibawah kepemimpinan Ketuanya yaitu Ir. Pahala Budiawan, MM guna mencetak atlet catur di tingkat pelajar.

Turnamen ini dilaksanakan selama 3 hari di Stadion Mini Komplek Pemda Jl. Letjend. Soeprapto Kota Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya dari tanggal 26 – 28 Maret 2017, dengan mengusung semboyan “junjung tinggi sportivitas”. Adapun peserta yang mengikuti Turnamen Catur Tingkat Pelajar ini dari SD, SMP, dan SMA/SMK Sederajat dan peserta di tahun ini lebih meningkat dari tahun sebelumnya yaitu ada 170 peserta yang mendaftar dari seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Murung Raya.

Catur Antar Pelajar

Ir. Pahala Budiawan, MM, Ketua Percasi Kabupaten Murung Raya mengatakan, “Turnamen Catur Antar Pelajar Tahun 2017 ini adalah merupakan program dari Percasi Kabupaten Murung Raya bertujuan untuk mencetak bibit-bibit atlet junior catur yang berkesinambungan, dari hasil turnamen ini akan di rangking selanjutnya akan kita ikutkan pada Kejuaraan Catur Tingkat Provinsi di Kota Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur dari tanggal 17-21 Mei 2017”, katanya, Minggu (26/3) Siang.

“Percasi Kab. Mura sudah mempersiapkan sudah sejak jauh hari dengan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah melalui Dinas Pariwisata dan Olah Raga Kabupaten Murung Raya. Untuk pendanaan turnamen serta pembinaannya bersumber dari Disparsepor Kab. Mura dan KONI Kab. Mura walaupun dirasa masih kurang terutama untuk kegiatan turnemen ini”, papar Pahala.

Perlu diketahui bahwa prestasi olahraga catur yang ada di Kabupaten Murung Raya ini sudah berada pada tingkat internasional, hal ini dibuktikan dengan kesuksesan Tim Kabupaten Murung Raya yang mewakili Indonesia di pelaksanaan Turnamen Tingkat Internasional bertajuk “KIMA OPEN CESS TURNAMENT” di Kuala Lumpur, Malaysia bulan Februari yang lalu.

Pada turnamen internasional tersebut 2 atlet dari Kab. Murung Raya yaitu atlet senior sdr. Zainal Arifin Master Nasional tembus di ranking 6 bersaing dengan 148 peserta dari 6 negara dan Dita Ananda Kasih mendapat predikat Pemain terbaik di kelas Junior Putri yang diikuti 109 peserta dari 6 negara.

“Prestasi dari atlet catur di Kabupaten Murung Raya ini sudah ada, dan turnamen yang kita selenggarakan ini targetnya untuk mencetak kembali atlet catur dari tingkat pelajar guna merebut kembali dari atlet Kota Palangka Raya juara umum Turnamen Catur di Tingkat provinsi Kal-Teng”, pungkas Pahala. (yud)

Comments

comments