Babinsa Baratan Panen Bersama Poktani

oleh -
Panen

Jember.  Bertempat dilahan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Cahaya Tani Kelurahan Baratan Kec. Patrang Kab Jember  dilaksanakan pendampingan panen padi bersama oleh Babinsa Sertu Suwignyo dan Sertu Luber Tego P beserta PPL Ningrum.

hadir pada kesempatan tersebut Ka UPT Pertanian Ir Adi Prayitno dan Koordinator PPL Yuli Andriyani, pada kesempatan tersebut sekaligus dilaksanakan ubinan dengan berat 6 kg per meter pesegi, sehingga apabila dihitung keseluruhan diperkirakan hasilnya sekitar 7 ton per hektar, sedangkan pada saat tersebut sawah yang dipanen seluas 2,5 hektar sehingga akan menghasilkan gabah sekitar 17,5 ton.

Sertu Suwignyo maupun Sertu Luber Tego P juga menyarankan kepada Gapoktan Sinar Tani agar gabah hasil panennya dijual ke Bulog Sub Divre Jember disamping untuk memudahkan monitoring dalam mendukung program penyerapan gabah.

Pada kesempatan tersebut Ir Adi Prayitno mengapresiasi hasil panen diwilayah Patrang dimana merupakan daerah tinggi dan menghasilkan sekitar 7 ton per hektar merupakan hasil panen yang cukup tinggi, dan hal ini tentunya tidak lepas dari kerja keras Babinsa dan PPL yang melaksankan pendampingan serta konsistensi petani dalam mengolah maupun merawat lahannya.

Ketua Gapoktan Sinar Tani sendiri Bpk Rohima saat dikonfirmasi juga menyampaikan bahwa hasil panennya sejak mendapatkan pendampingan Pak Babinsa dan PPL memang selalu mengalami kenaikan, dan hal ini tentunya berkat adanya arahan tehnis dan pendampingan terus menerus yang membiasakan kami bertani dengan tehnik yang benar.

Danramil 0824/01 Patrang Kapten Inf Endro Bawono KH saat dikonfirmasi diruang kerjanya membenarkan adanya panen tersebut, dirinya sudah menginstruksikan agar Babinsa jajarannya senantiasa memberikan  pendampingan lebih aktif lagi guna peningkatan produksi pertanian diwilayah.

Menyikapi hal tersebut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto menyampaikan terima kasih kepada jajaran yang telah melaksanakan pendampingan dengan baik terhadap petani diwilayahnya, bahkan dirinya juga mengapresiasi peningkatan hasil panen yang dicapai dengan adanya pendampingan tersebut.

Mari senantiasa kita tingkatkan kinerja kita disemua bidang termasuk program ketahanan pangan yang diamanahkan kepada kita sebagai wujud pengabdian kepada Negara Kesatuan Republik Indonnesia. (sis24)

 

Comments

comments