Maung Cisewu Mengaum

oleh -
Maung Cisewu

BANDUNG, sorotindonesia.com – Setelah patung maung (harimau) lucu yang bertengger sebelumnya di markas Koramil 1123 Kodim 0611 Cisewu Kabupaten Garut dibuat viral oleh netizen, kini maung Cisewu itu telah diganti dengan maung gagah yang dapat memperlihatkan keluhuran nilai-nilai yang diwariskan oleh leluhur Jawa Barat.

Menjawab pertanyaan wartawan, Kapendam III/Siliwangi Kol Arh MD Ariyanto pada pesan singkatnya, (17/3), menerangkan bahwa Patung Maung Cisewu yang kini menghiasi Kantor Koramil 1123/Cisewu adalah hasil karya Kapten Eko prajurit Kodam Siliwangi yang saat ini menjabat Katim PAL Denpal Korem 062.

Patung maung lucu yang menjadi viral di media sosial sempat menjadi perhatian Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI M Herindra dan memerintahkan agar maung lucu itu dibongkar dan diganti.

Kapendam III/Siliwangi menjelaskan bahwa harimau adalah simbol yang digunakan oleh Kodam III/Siliwangi, tidak hanya Kodam, harimau juga merupakan representasi warga Jawa Barat yang sering disebutkan sebagai warga siliwangi. Karena dahulu di tanah Pasundan pernah berdiri Kerajaan Pajajaran yang dipimpin oleh seorang raja bergelar Prabu Siliwangi.

Selama memerintah, Prabu Siliwangi dikenal arif, bijaksana, gigih, ulet dan pantang menyerah membangun kerajaan dan masyarakatnya, dan selama memimpin ada harimau yang selalu mendampingi kemanapun Prabu Siliwangi pergi.

Agar nilai-nilai luhur tersebut lestari pada diri Prajurit Siliwangi, maka harimau digunakan sebagai simbol kebanggaan prajurit siliwangi. (stanly)

Comments

comments