Alat Musik Tradisional “Kangkurung” Milik Masyarakat Adat Dayak Suku Siang

Alat Musik Tradisional “Kangkurung” Milik Masyarakat Adat Dayak Suku Siang

Kalimantan Tengah-Kabupaten Murung Raya, di Provinsi Kalimantan Tengah Kabupaten Murung Raya tepatnya, memiliki banyak sekali keanekaragaman alat musik tradisional, salah satunya alat musik “Kangkurung” yang dimiliki oleh Suku Dayak Siang yang berada di Kabupaten Murung Raya ini.

Alat musik sering dipergunakan pada saat Masyarakat Desa Suku Siang melaksanakan rutinitas berladang  (manugal parei) dan dapat juga digunakan untuk pada saat tamu-tamu kehormatan yang datang berkunjung ke desa mereka.

Hal ini dibuktikan pada saat Tim SII ikut meliput acara/ Kegiatan tahunan Bapak Bupati Murung Raya Drs. Perdie, MA yaitu kegiatan Safari Natal tahun 2016 di Desa Belawan, Mungkalisoi dan Kalangkaluh Kecamatan Tanah Siang beberapa waktu yang lalu.

Alat musik tradisional Kangkurung ini terbuat dari bambu pilihan sepanjang ± 4 meter dan di dalamnya terdapat kayu ulin berbentuk balok kecil serta balok ulin yang dibentuk menyerupai gasing yang mampu mengeluarkan bunyi yang jika di kolaborasikan hentakannya mengeluarkan bunyi yang merdu. Alat musik ini sangat mudah dimainkan sehingga sangat menghibur yang mendengarkan jika di mainkan. (yud/fss)

Comments

comments



Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.