Manipulasi GoJek oleh Driver Nakal

Manipulasi GoJek oleh Driver Nakal
Foto : Go-Jek

Kehadiran Aplikasi GoJek motor, mobil maupun box sangat bermanfaat bagi masyarakat. Konsumen dimudahkan dengan Aplikasi ini karena mudah dalam memesan Ojek. Begitu juga bagi para pengojek mudah mendapatkan konsumen yang hendak menggunakan jasanya. Namun sayang Aplikasi ini masih ada celah manipulasi GoJek oleh Driver nakal.

Manipulasi GoJek oleh Driver Nakal

Tanggal 8 Desember 2016, sore sekitar jam 17.50 saya memesan GoCar atau GoJek Mobil di wilayah Bekasi, dan order diterima oleh salah satu Driver Gojek. Pada Aplikasi GoCar yang saya order tertera harganya Rp 68.000.

aplikasi-gocar-konsumen
Harga pada aplikasi konsumen

Dalam perjalanan Driver GoCar memperlihatkan bahwa harga menurut dia Rp 112.000, sayapun terkejut dan mempertanyakan perbedaan harga tersebut. Driver GoCar memberikan alasan bahwa perbedaan itu dikarenakan jam sibuk. “ya itu harga yang tertera mungkin karena jam sibuk, saya tidak mungkin ‘otak-atik’ harga, itu kan aplikasi dari sononya”, jelas Driver GoCar.

aplikasi-gocar-driver
Harga yang ditunjukkan Driver GoCar

Melihat kejanggalan ini saya menelpon ke suami dan menjelaskan masalah ini, suami saya langsung menghubungi Layanan Konsumen GoJek. Menurut Customer Service GoJek harga Rp 112.000 yang ditunjukkan Driver, itu adalah harga yang digunakan untuk perhitungan intern antara Driver dengan Pihak GoJek, dan harga Rp 68.000 adalah jumlah harga yang benar yang harus dibayar oleh konsumen.

Customer Service GoJek menyarankan untuk konfirmasi ke Driver, bahwa harga yang ditunjukkan itu salah. Bagaimana bisa seorang Driver yang menurut dia sudah satu tahun sebagai Driver GoCar salah menunjukkan harga. Sedang saya sudah menyarankan untuk mengeceknya kembali.

Baca:   Pengendara Gojek Buka Pangkalan Asrama Haji

Setelah sampai pada tempat tujuan saya. Driver GoCar tersebut tidak meminta tambahan atas perbedaan harga dari Rp 68.000 menjadi Rp 112.000. Dan benar GoPay saya hanya berkurang sebesar Rp 68.000, mungkin karena suami saya mempertanyakan perbedaan harga tersebut. Bisa jadi seandainya konsumen tidak teliti dan kritis, tentunya akan membayar harga yang ditunjukkan oleh Driver yang lebih besar.

Suami saya menghubungi Driver melalui WhatsAap (WA), belum selesai menjelaskan perihal perbedaan harga tersebut. WA Driver GoCar sudah tidak aktif hingga masalah ini diunggah ke Media Sorot Investigasi Indonesia.

Modus Manipulasi GoJek oleh Driver Nakal

Jadi kesimpulannya dari Aplikasi GoCar masih ada celah Manipulasi GoJek oleh Driver Nakal. Ini adalah kejadian yang harus diketahui oleh pengguna jasa GoJek khususnya GoCar. Dan harus diperhatikan oleh Pihak GoJek, agar celah ini tidak dimanfaatkan oleh Oknum Driver GoCar yang nakal, dalam mendapatkan keuntungan yang lebih, dengan cara membodohi konsumen.

Driver ini ada indikasi membodohi konsumen dan GoCar sendiri, dengan menunjukkan harga yang lebih mahal, yang nantinya harus dibayar oleh konsumen di luar Aplikasi. Semoga pengalaman saya ini bermanfaat buat para pengguna GoJek, khususnya GoCar agar jangan terpedaya oleh oknum Driver yang nakal. Silahkan share untuk teman dan saudara kita agar tidak ‘dibohongi pake‘ harga palsu. (dn/pr)

Comments

comments



Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.