Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Bencana

Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Bencana

Jember – Tingginya curah hujan sesuai yang dirilis website BMKG Jawa Timur untuk Nopember-Desember 2016 ini dimana  curah hujan mencapai 400-500 mm untuk beberapa Kabupaten di Jawa Timur,  termasuk Kabupaten Jember.

Dalam hal ini diharapkan masyarakat lebih waspada terhadap berbagai bencana imungkin terjadi diantaranya banjir kawasan yang menjadi langganan banjir agar waspada, tanah longsor, angin puting beliung dan lain-lain.

Untuk Kabupaten Jember beberapa hari ini telah terjadi banjir ringan yang menggenangi beberapa wilayah diantaranya Ds Sidomekar Ke Semboro ketinggian air mencapai 25-30 cm menggenangi perkampungan warga, di Ds Petung dan Ds Langkap Kec Bangsalsari juga terjadi banjir yang sama, Ds Glagah Wero Panti dan lain-lain, namun masing dalam batas ringan dalam arti korban jiwa nihil, karena banjir-banjir tersebut dikarenakan luapan sungai yang ada disekitar desa tersebut dan bersifat sebentar.

Terkait dengan beberapa laporan tersebut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Muhammad Nas, S.IP saat kami konfirmasi diruang kerjanya menegaskan bahwa dirinya sudah memerintahkan seluruh jajaranya untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana yang terjadi diwilayahnya.

Baca:   Banjir Bandang Terjang Puluhan Hektar Persawahan

Lebih lanjut Muhammad Nas menyampaikan agar jajarannya lebih aktif memonitor perkembangan wilayahnya karena beberapa hari ini curah hujan memang cukup tinggi, koordinasi dengan lintas sektoral setempat dan berikan bantuan penanggulangan darurat bencana dengan segera, data dan laporkan apabila memerlukan bantuan penanganan BPBD.

Saat ditanyakan situasi wilayah hingga saat ini Muhammad Nas menyampaikan bahwa situasi secara global untuk Kabupaten Jember hingga saat ini dalam kondisi kondusif dan aman, namun dengan cuaca yang ada kita wajib meningkatkan kewaspadaan kita bersama masyarakat. (sis24)

Comments

comments



Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.