Drs Suyadi Pencipta Si Unyil

Drs Suyadi Pencipta Si Unyil

Drs Suyadi Pencipta Si Unyil yang lebih dikenal dengan nama Pak Raden. Suyadi lahir di Puger, Jember Jawa Timur pada tanggal 28 Nopember 1932, dan meninggal di Jakarta pada tanggal 30 Oktober 2015.

Suyadi atau Pak Raden meninggal pada umur 82 tahun, Sebelum meninggal Suyadi dirawat di Rumah Sakit Pelni Petamburan, Jenazahnya dimakamkan di TPU Jeruk Purut Jakarta Selatan.

Drs Suyadi Pencipta Si Unyil

Drs Suyadi adalah lulusan Seni Rupa di Institut Teknologi Bandung pada tahun 1952 dan lulus pada tahun 1960. Kemudian melanjutkan belajar animasi ke Perancis dari tahun 1961 sampai dengan 1963.

Pernah juga didaulat untuk membuat ilustrator sampul buku “Ini Budi” pelajaran Bahasa Indonesia yang digunakan untuk Sekolah Dasar.

Drs Suyadi Pencipta Si Unyil

Dengan bakat seni dan ilmu yang telah ditekuni lalu Suyadi menciptakan Si Unyil. Film seri Si Unyil ditayangkan pada Stasiun Televisi. Pada waktu itu sangat terkenal dikalangan anak-anak maupun dewasa.

Suyadi selain sebagai pencipta juga berperan sebagai Pak Raden. Terkenal dengan beskap hitam, blankon, kumis palsu yang tebal dan tongkat  kayu, serta suaranya yang khas.

Baca:   19 siswa SMA SMK di Kota Malang tidak lulus UN

Tujuan dari Suyadi menciptakan Si Unyil adalah untuk menyampaikan pendidikan sosial dan budi pekerti yang mudah diterima oleh anak-anak. Dan sosok Unyil sangat berhasil menyampaikan nilai-nilai pendidikan moral kepada anak pada era tersebut.

Kemudian pada tahun 2000-an dikemas dan dikembangkan menjadi Laptop Si Unyil. tujuannya untuk mengikuti perkembangan jaman dan teknologi yang berkembang saat ini.

Pada hari ini bertepatan dengan tanggal lahir Drs Suyadi Pencipta Si Unyil. Semoga jasa dan karyanya mendapat manfaat dan dapat diteruskan oleh para seniman yang lain. (pr/SII)

Comments

comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.