Karang Taruna Desa Haruman Kelola Sampah Warga

Karang Taruna Desa Haruman Kelola Sampah Warga

Kegiatann yang dilakukan Karang Karuna Cikal Manunggal Desa Haruman Kecamatan Leles Kabupaten Garut patut diberikan apresiasi positif, salah satunya yang dilaksanakan adalah memungut sampah dari rumah warga.

Ketua Karang Taruna Cikal Manunggal Desa Haruman Aep Wahyu di temui di Kantor Desa Haruman Kamis (10/11) 2016, mengatakan awal mulanya kami banyak menerima keluhan dari ibu-ibu rumah tangga yang bingung membuang sampah. Dan pada akhirnya Kami berembug dengan anggota lainnya untuk mengatasi masalah sampah ini. Sampai pada keputusan untuk memungut sampah dari rumah kerumah.

Tampa ada perasaan jijik, anggota karang Karang Taruna Cikal Manunggal beranggota sebanyak 26 orang bahu membahu mengambil sampah seminggu sekali yang dijadwalkan setiap hari Kamis diwilayah Desa Haruman. Sembari mendorong gerobak dikumpulkan di pinggir jalan Raya Leles dan langsung di angkut menggunakan truk sampah ke TPA Pasir Bajing.

“Untuk memperlancar kegiatan tersebut, kami sangat mengharapkan dari Dinas terkait minta bantuan mesin penggiling sampah dan dua unit motor sampah, karena kalau sudah ada mesin penggiling sampah bisa mengubah sampah menjadi material yang memiliki nilai ekonomis dan meningkatkan kreatifitas masyarakat dalam mendaur ulang sampah, juga menghemat lahan TPA Pasir bajing,” ungkap Asep.

Baca:   Klaim Tanah Perkebunan Bangunan Hancur

Sementara itu salah satu warga Desa Haruman Kecamatan Leles, H Popon mengaku bangga terhadap terobosan yang dilakukan Karang Taruna Cikal Manunggal yang sangat peduli terhadap kebersihan lingkungan.

“Sebelum ada kepedulian dari karang taruna, warga masyarakat Desa Haruman membuang sampah sembarangan bahkan ada yang membuang sampah ke solokan berdampak saluran air menjadi mampet tersumbat sampah dan menimbulkan banjir,” ungkapnya.

Kepala Desa Haruman, Drs Hernawan sangat mengapresiasikan kinerja karang taruna yang sangat baik dan peduli terhadap kebersihan lingkungan, berkat kerja keras karang taruna kini nyaris tidak terlihat tumpukan sampah di Desa Haruman karena sudah dibersihkan.(Budi/SII)

Comments

comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.