Jenis Sapi Yang Paling Laris di Pasaran

Puruk Cahu – Saat ini, usaha ternak yang paling menguntungkan adalah ternak sapi potong. Sapi potong dari ukuran bakal melalui proses penggemukan sampai pada ukuran dimana sapi memenuhi syarat untuk dipotong. Banyak peternak sapi potong di Indonesia yang hanya fokus pada penggemukan. Sangat sedikit peternak sapi yang menjalankan usaha pembibitan sapi. Ini karena memang usaha pembibitan sapi dirasa kurang menguntungkan.

Berikut beberapa jenis sapi potong yang bisa diternakkan.

  • Sapi Ongole

Sapi jenis ini datang dari India. Ada dua jenis sapi ongole yang dikenal di Indonesia, yaitu peranakan ongole dan sumba ongole. Ciri-ciri yang dimiliki sapi ongole sangat mudah sekali dikenali, kulitnya biasa berwarna putih dengan bagian kepala yang berwarna abu-abu. Tubuhnya dan kaki sedikit memanjang dengan leher pendek. Sapi ongole sangat mudah sekali beradaptasi. Oleh karena itu, banyak peternak yang suka dengan jenis sapi ini.

  • Sapi Bali

Sapi dengan ciri warna cokelat dan akan semakin gelap warnanya ketika sudah tua adalah sapi bali. Sapi dengan nama pulau paling terkenal di Indonesia ini disukai oleh peternak karena dagingnya yang lembut dan rendah lemak. Sapi bali sangat mudah dikembangkan dengan daerah di ketinggian di bawah 100 mdpl.

  • Sapi Impor

Sapi impor sudah bukan hal yang asing bagi Indonesia. Hal ini karena Indonesia selalu kekurangan sapi bibitan. Sapi yang diimpor dari Amerika, Australia, dan Eropa memiliki ukuran tubuh dan daging yang besar. Beberapa sapi impor yang terkenal adalah sapi limosin, sapi aberdeen, sapi angus, sapi simental, sapi brahman dan sapi brangus.

Setelah Anda menentukan sapi jenis apa yang akan Anda jadikan ternak sapi potong, kandang menjadi hal yang sangat penting. Kandang sapi yang Anda bangun harus mampu melindungi sapi dari perubahan cuaca dengan menjaga suhu di antara 38-39 derajat Celcius. Ada 3 jenis kandang untuk sapi potong, yaitu kandang dinding terbuka, kandang dinding setengah terbuka, dan kandang dinding tertutup.

Pakan yang Anda berikan dalam beternak sapi potong juga perlu diatur agar pertumbuhan sapi lebih maksimal. Dalam memberi pakan, sebelum memberi pakan hijau sebesar 10% dari berat badan sapi Anda harus memberikan pakan konsentrat dengan ukuran 1-2% dari berat sapi.( Yud/Fss/SII )

Comments

comments



Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.