Kominfo Kukuhkan Agen Perubahan Informatika di Garut

Kominfo Kukuhkan Agen Perubahan Informatika di Garut

Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang diwakili oleh Direktur Pemberdayaan Informatika, Septriana Tangkari mengukukuhkan agen perubahan bidang informatika di Garut, Kamis (02/06) di Aula Musaddadiyah, Garut.

Beberapa Tokoh yang diberikan penghargaan tersebut memberikan andil pada perkembangan bidang informatika di Garut. Diantaranya Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kab Garut Dik Dik Hendrajaya, Ketua Sekolah Tinggi Teknologi Garut Hilmi Aulia dan Ketua Relawan TIK Indonesia Cabang Garut sekaligus Ketua Saka Pramuka Informatika Kwarcab Garut Rinda Cahyana.

Kepala Diskominfo, Dik Dik Hendrajaya mengungkapkan hal yang serupa bahwa perkembangan dunia informatika seperti internet sudah berkembang pesat. Karenanya mesti ada pendidikan bagi masyarakat agar bisa menggunakan internet secara benar dan sehat serta bisa diakses oleh setiap masyarkat dan daerah. Sehingga Diskominfo Kab. Garut meluncurkan program GAPAI (Garut Pandai Internet).

“Garut memiliki topografi yang luas dan beragam sehingga belum semua terjangkau oleh akses komunikasi. Karenanya walau Diskominfo baru berdiri satu tahun tetapi sudah membuat beberap program dan mendapat bantuan diantaranya bantuan dari Kominfo yaitu Mobile Community Acces Point (MCAP) atau mobil pintar. Dan alhamdulillah bantuan dari kementrian tersebut kami membuat program GAPAI atau Garut Pandai Internet. Yang mana di Mobil MCAP tersebut mobile terus kedaerah-daerah atau sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Garut. Sehingga pelajar atau masyarakat Garut bisa mempergunakan internet dengan mobil pintar tersebut. selain itu kami membuat sistem Jaringa Terpadu (Sijardu) yang menhubungkan pusat pemerintahan dengan desa dan kecamatan di kabupaten Garut,” papar Dik Dik dalam sambutannya.

Baca:   Kadisdik Paling Banyak Diincar Pejabat Pemkab Garut

Dalam acara yang bertema Membangun Desa Pintar dengan Solusi Informatika Melalui Agen Perubahan Informatika dan Satuan Karya Informatika tersebut menampilkan beberapa pembicara yaitu Rinda Cahyana yang mensosialisasikan Satuan Karya Pramuka Informatika. Kemudian Septriana Tankari yang mensosialisasikan Agen Perubahan Informatika dilanjut oleh Inggriani Liem, Dosen ITB yang memberikan kuliah umum berjudul Pembangunan Desa Pintar Dalam Sudut Pandang Rekayasa Perangkat Lunak. Selain itu, dilaksanakan pula pengukuhan Majelis Pembimbingan dan Pembina Gugus Depan Sekolah Tinggi Teknologi Garut yang diketuai oleh Hilmi Aulia.(Budi/SII)

Comments

comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.