Ahmad Dhani ingin Indonesia kembali ke UUD 45 tanpa amandemen

Ahmad Dhani ingin Indonesia kembali ke UUD 45 tanpa amandemen

Ketika tampil di gedung DPR RI bersama Dewa 19 belum lama ini, Ahmad Dhanisempat bicara tentang harapan dan keinginannya untuk Indonesia. Salah satunya adalah soal Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Pria asal Surabaya itu mengungkapkan keinginannya untuk mengembalikan dasar Indonesia ke UUD 1945 yang tidak diamandemen. Hal itu diamini oleh Ratna Sarumpaet yang ternyata memiliki pendapat yang sama dengan Dhani.

“DPR adalah tempat yang pas untuk menyuarakan keinginan kita, kembali ke UUD ’45 yang tidak diamandemen. Kita berharap dan bersuara. Terjadi atau tidak Indonesia kembali ke UUD ’45. Kalau nggak berhasil, mungkin generasi yang akan datang nanti bisa. Yang penting, gedung DPR harus dimulai dengan seni dan budaya,” ujar Dhani.

Menurut Dhani, soal kembali ke UUD 1945 tanpa amandemen sudah lama jadi wacana dan diskusi panjang. Tapi ia ingin Indonesia berjalan di jalur yang benar. Ia sangsi, apakah negara ini sudah berjalan baik dengan memakai UUD yang sudah diamandemen.

“Efeknya seperti apa, tidak banyak yang tahu. Kita sebagai orang yang tahu, terutama sebagai legislator selama reformasi, apakah sudah di track yang benar. Kenapa dulu diubah, lalu hasilnya baik atau tidak, ini saatnya kami bicarakan,” lanjutnya.

Baca:   Deklarasi Majelis Penegak Kedaulatan NKRI Di Gedung Juang 45 Jakarta

Dan tepat di peringatan 70 tahun Pancasila, Dhani mengungkap jika keinginannya untuk membangkitkan lagi baju-baju tradisional yang jadi kebanggaan Indonesia. Dhani pun ingin agar ulama Indonesia tidak memakai baju yang ke-Arab-Araban.

“Jadi ulama nggak pake sorban. Saya tidak ingin ulama pake baju gamis, tapi baju tradisional. Saya mungkin seekstrem itu, ini buat saya pribadi. Sejauh apa saya terhadap Pancasila, tentu sejauh itu,” pungkasnya.

(kpl/aal/phi)

Comments

comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.