Kemenag Siapkan 92.187 Kuota Untuk Mahasiswa PTKIN Tahun 2016

BERITA JAKARTA – Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (Diktis) tahun ini telah menyiapkan 92.187 kuota untuk calon mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Kuota sebanyak itu akan diperebutkan oleh ratusan ribu lulusan pendidikan menengah atas melalui dua jalur, yaitu: Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) dan Ujian Masuk (UM) PTKIN.

“SPAN PTKIN 2016 resmi membuka pendaftaran sejak 9 – 30 Maret mendatang,” demikian penjelasan Ketua Panitia SPAN PTKIN 2016 yang juga Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya Abd A’la melalui rilisnya, Senin (14/3/2016).

Menurutnya, proses seleksi SPAN PTKIN akan dimulai pada 1 – 19 Mei dan hasilnya akan diumumkan pada 23 Mei 2016. “Tahap akhir pendaftaran ulang bagi mahasiswa yang lolos seleksi dilakukan pada 14 – 15 Juni 2016,” jelas Abd A’la.

“Adapun pendaftaran UM PTKIN, dimulai 1 Mei – 3 Juni. Seleksi UM PTKIN 14 – 15 Juni dan hasilnya diumumkan pada 18 Juli 2016,” tambahnya. Dikatakan Abd A’la, peserta yang dinyatakan lulus harus melakukan pendaftaran ulang pada PTKIN tempat dirinya diterima sesuai dengan jadwal daftar ulang.

Ada sebanyak 1.027 program studi yang ditawarkan dan tersebar di 55 PTKIN yang terdiri dari: 11 Universitas Islam Negeri (UIN), 26 Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan 18 Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN). Penilaian jalur SPAN PTKIN berdasarkan hasil penelusuran prestasi dan portofolio akademik. “Pembiayaan SPAN PTKIN seluruhnya ditanggung pemerintah,” kata Abd. A’la.

Berbeda dengan SPAN, hanya sebagian biaya penyelenggaraan UM PTKIN yang ditanggung Pemerintah. Karenanya, siswa yang mendaftar melalui jalur UM PTKIN harus membayar Rp150.000,-.

Info lengkap tentang hal ini, sila kunjungi laman resmi Panitia SPAN-PTKIN di http://span-ptkin.ac.id atau helpdesk http://span-ptkin.ac.id/infospan. Adapun laman resmi UMPTKIN di http://um-ptkin.ac.id atau helpdesk http://um-ptkin.ac.id/imfoum. (mkd/mkd)

Comments

comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.