ZeRif, Racikan Tumbuhan Asli Indonesia Cegah Penyakit Kanker

oleh

Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Kanker sering dikenal oleh masyarakat sebagai tumor, padahal tidak semua tumor adalah kanker. Tumor adalah segala benjolan tidak normal atau abnormal. Tumor dibagi dalam 2 golongan, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Kanker adalah istilah umum untuk semua jenis tumor ganas.

Kanker dapat menimpa semua orang, pada setiap bagian tubuh, dan pada semua gologan umur.

Umumnya sebelum kanker meluas atau merusak jaringan di sekitarnya, penderita tidak merasakan adanya keluhan ataupun gejala. Bila sudah ada keluhan atau gejala, biasanya penyakitnya sudah lanjut.

Ada 7 gejala yang perlu diperhatikan, kata Dr Wong Seng Weng, dan perlu diperiksakan lebih lanjut ke dokter untuk memastikan ada atau tidaknya kanker, yaitu waktu buang air besar atau kecil ada perubahan kebiasaan atau gangguan, alat pencernaan terganggu dan susah menelan, suara serak atau batuk yang tak sembuh-sembuh, payudara atau di tempat lain ada benjolan (tumor), andeng-andeng (tahi lalat) yang berubah sifatnya menjadi semakin besar dan gatal, darah atau lendir yang abnormal keluar dari tubuh dan adanya koreng atau borok yang tak mau sembuh-sembuh.

Menurut Dr Wong Seng Weng, World Health Organization (WHO) memprediksi pada tahun 2030 mendatang, jumlah penderita kanker di Indonesia diprediksi akan meningkat tujuh kali lipat. Kanker menjadi penyebab kematian nomor dua di dunia dan nomor tujuh di Indonesia. Sementara data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada 2013, tercatat prevalensi penyakit kanker sudah mencapai 0,14 persen, atau 347.792 orang dari total populasi penduduk.
Dr. Wong Seng Weng, selaku ahli Onkologi dan Konsultasi Spesialis dari The Cancer Center menyebut didalam tubuh setiap manusia sudah terdapat sel kanker, “Sel kanker memiliki perkembangan yang abnormal, dapat menyebar dan menyerang sel normal lain layaknya ‘teroris’ dan sel ini tidak memiliki waktu tenggat hidup. Jika sel ini sudah menyebar ke organ-organ lain, pemberantasan penyakit kanker secara tuntas sangat sulit tercapai,” kata dia.

7 Jenis tumbuhan disebut –sebut dapat mencegah penyakit kanker. Tumbuhan tersebut adalah tumbuhan Curcuma zedoaria atau temu putih, Thyponium flagrliforme (keladi tikus), Andrographis paniculata atau sambiloto, Curcuma longa yang kita kenal dengan kunyit, Merremia mammosae atau Bidara upas, Gynura procumbens atau sambung nyawa dan Curcuma mangga atau kunyit putih.

Hal ini dikatakan ketua lembaga konsultan Kanker Indonesia (LKKI), Rismaya menyebut, beberapa spesies tanaman juga dapat bermanfaat mencegah kanker, “Berfungsi preventif, pencegahan , meningkatkan daya tahan tubuh seseorang terhadap kanker. Tumbuhan Curcuma zedoaria atau temu putih, Thyponium flagrliforme (keladi tikus), Andrographis paniculata atau sambiloto, Curcuma longa kita kenal dengan kunyit, Merremia mammosae atau Bidara upas, Gynura procumbens atau sambung nyawa dan Curcuma mangga atau kunyit putih jika diracik benar ini sangat bermanfaat mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh, “ katanya Senin, (2/4/2018).

Lembaga pegiat anti kanker ini juga menyebut kini dipasaran banyak sekali beredar herbal yang mengklaim dapat mencegah kanker, “tapi kalau kami merekomendasikan Zerif. Herbal ini sudah melalui uji lab oleh laboratorium yang sudah terakreditasi, terdaftar di BPPOM dan diracik dengan pas. Selain itu sudah digunakan ribuan konsumen,” Ujar Rismaya yang aktif memberikan informasi mengenai bahanya kanker dan tumor ini. [*]

Zerif

Comments

comments