Wisata Kuliner Garut : “Pasar Ceplak Diserbu Pembeli”

oleh
Pasar Ceplak

Garut SII. Berbicara tentang wisata kuliner di Garut, Jawa Barat, maka Pasar Ceplak harus masuk agenda wisata. Pasar kuliner tersebut ibarat pasar malam yang baru ramai di malam hari. Letaknya persirnya berada di Jalan Siliwangi kota Garut.

Pada pagi sampai siang hari, jalan ini merupakan jalan umum yang dilalui kendaraan. Nah, saat sore menjelang, gerobak-gerobak dan warung tenda pun beraksi di sisi-sisi Jalan Siliwangi. Hanya menyisakan jalan sempit di tengah-tengah untuk motor lalu lalang. Mobil sudah tentu tak bisa.

Jalanan sebenarnya gelap. Namun, begitu terang berkat dari lampu-lampu  sejumlah warung tenda.  Di Pasar Ceplak, aneka makanan seperti ayam goreng, sate, gado-gado sampai jajanan misalnya pisang molen , kue mayang, dan siomay. Petai-petai yang menjuntai menjadi daya tarik warung ayam goreng. Warung ayam goreng sebenarnya lazim ditemukan di kota-kota besar seperti Jakarta. Tetapi, tampilan berpapan-papan petai sudah jarang ada  di Jakarta.

Anda bisa memilih ayam bumbu kuning atau ayam bumbu kecap. Cara memasaknya pun bisa pilih, goreng atau bakar. Setelah selesai digoreng ayam dipenyet, atau dipukul-pukul dengan alat khusus sampai setengah gepeng. Jangan lupa pesan petai yang dibakar atau digoreng. Lalapan standar seperti daun kemangi, timun, dan salada sudah pasti ada.

Tambah seru ditambah petai yang sudah dibakar atau digoreng. Jangan lupa sambal hijau atau sambal merah teman menyantap ayam, pasti nikmat dan seuhah.(Baden)

(baca) Amazing Art World Ramaikan Wisata Museum Seni Lukis 3D Di Indonesia




Comments

comments