Valkommen Till Bandung, Sveriges Kung

oleh -
Valkommen Till Bandung

BANDUNG, Valkommen Till Bandung Sveriges Kung, Selamat datang ke Kota Bandung Raja Swedia, itulah tulisan di beberapa poster yang beredar di sekitar jalan yang dilalui Yang Mulia Sri Baginda Raja Carl XVI Gustaf dan Yang Mulia Ratu Silvia selama di Kota Bandung, Rabu (24/5).

Kunjungan resmi Raja dan Ratu Swedia ke Kota Bandung ini merupakan kunjungannya di hari ke-3 selama berada di Indonesia.

Rombongan Raja dan Ratu tiba ke Kota Bandung dengan menggunakan kereta api dan turun di Stasiun Bandung sekitar pukul 12.00 Wib, disambut oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan beserta istri dan Wakil Walikota Bandung Oded M Danial beserta istri.

Dari Stasiun Bandung, Raja Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia melanjutkan kunjungannya ke Pendopo, tempat kediaman Walikota Bandung. Kehadirannya ke Pendopo disambut langsung Walikota Bandung Ridwan Kamil dan istri diiringi tarian khas Jawa Barat.

Yang menarik dari kunjungan bilateralnya ke Pendopo Kota Bandung, perwakilan Viking Persib Fans Club yang merupakan kelompok suppoter kesebelasan Persib Bandung berkesempatan berfoto bersama Raja dan Ratu.

Setelah itu, Raja dan Ratu beserta rombongan berjalan kaki ke halaman Taman Alun-alun Masjid Raya Bandung dan bertemu dengan siswa siswi yang antusias bertemu Raja dan Ratu. Tidak lama dari situ, rombongan berjalan kaki menuju ke Museum Konfererensi Asia Afrika.

Raja dan Ratu Swedia tampak terkesan dengan gedung yang sarat dengan makna sejarah global itu.

Melanjutkan kunjungannya ke Kota Bandung,
Raja dan Ratu bertemu dengan Perkumpulan Pelajar Indonesia “Alumni Swedia” di Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), dimana Swedish Institude dan LPDP akan menandatangani sebuah MoU dan meluncurkan Portal Linkedln Sweden-Indonesia Connect, untuk menghubungkan alumni dengan perusahaan Swedia di Indonesia.

Untuk menutup kunjungan Kenegaraan, Yang Mulia Sri Baginda Raja Carl XVI Gustaf dan Yang Mulia Ratu Silvia mengikuti sesi akhir dari Seminar mengenai model Triple Helix di ITB yang diselenggarakan bersama dengan Lund University dan dihadiri oleh Menteri Bappenas Bambang Brodjonegoro.

Tujuan Seminar tersebut untuk mendorong kolaborasi antara perusahaan, universitas dan pemerintah untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi penelitian, inovasi dan kewirausahaan sebuah model yang terbukti sangat berhasil bagi bisnis dan taman sains di Swedia.

Sebelum mengikuti agenda kunjungannya ke Kota Bandung, Duta Besar Swedia untuk Indonesia Johanna Brismar Skoog menjelaskan, “Swedia dan Indonesia memiliki hubungan yang dekat dan baik. Kunjungan kenegaraan yang pertama kali ini merupakan bukti akan hubungan ini dan juga batu loncatan bagi kedua negara untuk meningkatkan kerjasama yang lebih dalam,” ujarnya.

Kunjungan ini diharapkan memperkaya dan mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan Swedia, pemerintah Swedia saat kunjungannya ke Indonesia diwakili oleh Menteri Infrastruktur, Anna Johansson dan delegasi bisnis yang terdiri dari 31 perusahaan yang beromset tahunan 330 milyar USD. (St)

 

Comments

comments