UPI Diresmikan Sebagai Kampus Tertib Lalu Lintas

oleh -
UPI Diresmikan Sebagai Kampus Tertib Lalulintas

BANDUNG,- Dir Lantas Polda Jabar laksanakan kegiatan peresmian Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Jl. Setiabudi, Kota Bandung, sebagai Kampus Tertib Lalu Lintas, Senin (20/5/2019).

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, S.I.K., menyampaikan kepada media bahwa kegiatan peresmian kampus tertib lalu lintas ini adalah program unggulan Polri yang akan menjadi roll model atau desain dalam perubahan perilaku dengan memupuk jiwa dan tanggung jawab berlalulintas.

“Pada skala luas dengan sikap disiplin yang telah ditanam selama berada di lingkungan kampus, maka dapat mendukung Polda Jabar, Dishub dan Jasaraharja dalam menekan kriminalitas laka lantas, dalam menunjang program kampus tertata tertib indah menarik,” jelas Trunoyudo.

Diterangkan lebih lanjut oleh Trunoyudo, “Polda Jabar pertama me-launching kampus tertib lalu lintas adalah UPI, selanjutnya akan diikuti oleh polres-polres jajaran Polda Jabar,” terangnya.

Dalam sambutannya, Dir Lantas Polda Jabar Kombes Pol. Mohamad Aris menyambut baik tindakan nyata yang telah dilakukan oleh Universitas Pendidikan Indonesia yaitu dalam mewujudkan Kamseltibcar (keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran) Lalulintas dengan menanamkan nilai-nilai kesadaran, kepatuhan dan kedisiplinan yang diawali dari lingkungan kampus. Contohnya melalui penataan area parkir yang terpisah antara kendaraan roda dua dan roda empat, penataan trotoar bagi pejalan kaki termasuk untuk penyandang disabilitas, jalur arah menghadap ke jalan untuk kendaraan roda empat.

Dir Lantas Polda Jabar, Kombes Pol. M Aris, saat menyampaikan sambutannya pada acara peresmian UPI sebagai Kampus Tertib Lalu Lintas, Senin (20/5/2019). [Foto: dok. Istimewa]
Polda Jabar dalam hal ini Dit Lantas Polda Jabar telah menjadikan Kampus UPI sebagai Universitas pertama di Jawa Barat yang menerapkan Kampus Tertib Lalu Lintas. “Diharapkan dengan adanya sarana prasarana berlalulintas di kampus ini, akan menjadi pembelajaran bagi mahasiswa dan kalangan akademis untuk tertib berkendaraan di jalan,” ucap Dir Lantas Polda Jabar.

Adapun kegiatan tersebut diikuti oleh Rektor Universitas Pendidikan Indonesia, Direktur Lantas Polda Jabar, Bapeda Prov. Jabar, Kadishub Prov. Jabar, Kadis PU Prov Jabar, Kadiskes Prov. Jabar, Kacab PT. Jasaraharja, Sub Direktorat Lantas Polda Jabar, Unsur pimpinan UPI Sumedang, Pengawas YKB Daerah Jawa Barat, Koorspripim Polda Jabar, Para Sesepuh Bhayangkari, Ketua Pengurus YKB cabang se-daerah Jawa Barat, dan tamu undangan.(*)

Comments

comments