Dinas Sosial Kota Semarang Terus Kaji Upaya Peningkatan Layanan Dalam Hal Efektifitas Dan Penguatan Kerjasama

oleh -

Semarang [ Sorot Indonesia ] – Upaya peningkatan layanan yang diberikan oleh Dinas Sosial Kota Semarang terus dikaji dalam hal efektifitas dan penguatan kerjasama. Sebagaimana diungkapkan oleh Kabid Rehabsos Tri Waluyo saat memberikan arahan rapat TPD, (08/03/2018), di ruang rapat dinas sosial kota semarang. Dikatakannya bahwa kinerja tim harus terus dibenahi sehingga ada peningkatan yang jelas. Menurutnya, kinerja yang sudah kompak perlu mengoptimalkan yang belum berpengalaman, “meski solit, saya harap dari semua anggota bisa dioptimalkan. Hal ini sebagai upaya untuk memberikan pengalaman yang kurang lebih berimbang,” kata Tri Waluyo.

Dikatakan, tugas yang seolah tidak ada habisnya di TPD perlu efisiensi tenaga. Dia menjelaskan bahwa mekanisme yang ada perlu dirapikan, “asessment diusahakan cukup sekali saja” ucapnya. “Hal ini perlu diperhatikan karena di kegiatan sosial semacam ini kemungkinan adanya perubahan data dari rapid asessment ke continue asessmen sangat minim” lanjutnya. “Tim ini sudah berjalan beberapa bulan, jadi sudah ada prakiraan untuk kemungkinan perubahan data tersebut,” terangnya.

Ia menjelaskan bahwa berkaitan dengan panti yang bekerjasama dengan dinsos dalam penanganan kelayan akan mendapatkan pelatihan-pelatihan yang menunjang, “untuk mengoptimalkan hasil kinerja yang ada, nanti akan diagendakan adanya pelatihan yang secara spesifik dibutuhkan oleh panti,” tandasnya. Ia melanjutkan, “kalau dirasa panti membutuhkan peksos, maka akan kita adakan pelatihan peksos bagi kader yang ada di panti”.

Sementara, Anggie Ardhitia menyatakan akan adanya fasilitas baru dalam layanan TPD. Dijelaskannya, peran teknologi dalam kegiatan tersebut sudah dalam proses, “kita sudah komunikasikan untuk aplikasi pendataan terhadap kelayan dan kasusnya. Sehingga data yang ada memiliki rekam jejak digital. Tentunya akan mempermudah dalam penanganan” kata dia. Lebih lanjut Kasie TSPO tersebut berharap adanya rumusan terbaik dalam penanganan kelayan terkait kasus anak jalanan. Dikatakan perlunya tim merumuskan formulasi terbaik dari beberapa kasus yang telah terselesaikan dan yang mengambang. Rapat dipimpin oleh Tsaniatus Salichah dari LSM Setara dan paparan materi hasil kinerja sementara yang disampaikan Koordinator TPD Dwi Supratiwi (ARH_SorotIndo)

Rapat TPD Dinsos Semarang

Comments

comments