Tips Mudik Aman Menggunakan Motor

oleh -
Tips Mudik Aman Menggunakan Motor

Mudik menggunakan motor roda dua rupanya masih menjadi primadona masyarakat Indonesia, khususnya pulau Jawa, walaupun beresiko lebih rawan kecelakaan. Berikut ulasan Tips Mudik Aman Menggunakan Motor.

Beberapa alasan bagi pemudik yang menggunakan motor diantaranya, lebih hemat ongkos dibandingkan dengan transportasi lain, terhindar dari kemacetan dibandingkan dengan bus, dan lebih bebas tanpa harus memesan tiket apalagi berebut tempat duduk.

Sebenarna Kepolisian melarang mudik menggunakan motor, dalam hal ini Kepolisian tidak menyarankan karena tingkat kecelakaan menggunakan motor lebih tinggi.

Beberapa Tips Mudik Aman Menggunakan Motor dan himbauan yang disampaikan Kepolisian bagi pemudik lebaran yang memaksa menggunakan motor. Pemudik harus dalam keadaan sehat secara fisik dan mental, agar tidak kelelehan dapat menempuh perjalanan jauh.

Begitu juga kelengkapan keamanan berkendara, gunakan helm SNI, mengenakan jaket pelindung dada, bersepatu dan celana panjang yang pada dan nyaman untuk berkendara.

Jangan lupa juga, kelengkapan identitas diri dan surat-surat kendaraan seperti SIM dan STNK.

Periksalah kondisi kesehatan mesin motor, mengontrol tekanan angin ban, perhatikan ketebalan alur ban, kaca spion dan memeriksa kestabilan ren baik depan maupun belakang, serta lampu depan dan lampu sen kanan kiri, nyalakan lampu depan selama dalam perjalanan.

Kurangi barang bawaan apabila mengganggu kenyamanan berkendara, cukup 2 orang dalam satu motor, dan istirahatlah ketika lelah dan mengantuk.

Patuhilah rambu-rambu lalulintas dan hindari kecepatan yang tinggi dalam perjalanan, serta yang terakhir berdoa, agar selamat sampai kampung halaman.

(tim/SII)

Comments

comments