Tips Merawat Motor di Musim Hujan

oleh
Tips Merawat Motor di Musim Hujan

Pada musim hujan seperti saat ini, motor selalu saja kotor saat bepergian atau pulang dari kantor. Air hujan dapat merusak motor kesayangan kita, karena air hujan mengandung asam yang berbahaya bagi body dan mesin motor, maka diperlukan tips merawat motor di musim hujan ini.

Tips Merawat Motor di Musim Hujan

Usahakan segera cuci motor setelah terkena air hujan, walaupun hanya sekedar disiram dengan air biasa, untuk menghilangkan air hujan dan lumpur yang menempel. Karena air hujan mengandung asam yang dapat merusak cat menjadi kusam, dan pada besi bisa menimbulkan karat. Memang dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan setiap hari harus mencuci motor, maka buatlah saluran air kran yang dekat dengan ruang parkir atau halaman rumah, agar kita nyaman sewaktu mencuci motor.

Cuci motor ke Steam motor satu Minggu atau satu bulan sekali, untuk membersihkan motor pada bagian yang sulit terjangkau, karena jasa Steam lebih mahir dan lebih bersih dibandingkan mencuci sendiri, karena Steam lebih berpengalaman dan dengan alat yang memadai.

Bersihkan Busi

Periksalah busi motor, lepas busi dan bersihkan menggunakan kain kering, tiup busi untuk memastikan tidak ada air. Hidupkan motor agar Kita yakin motor bisa berjalan dengan normal, karena busi adalah jantung dari motor kita.

Periksa Rantai Motor

Perhatikan rantai motor, biasanya setelah terkena air hujan atau dicuci rantai motor menjadi kering, oleskan atau teteskan dengan oli khusus rantai, supaya rantai tidak cepat aus dan tidak berisik bunyinya. Diharapkan Rantai memiliki masa pakai yang lebih lama.

Hindari Banjir

Jangan nekat menerobos genangan air atau banjir yang tingginya melebihi tinggi mesin motor, karena air akan masuk ke mesin, bagian busi dan knalpot, apabila bagian motor tersebut terkena air mesin akan mati, dibutuhkan keahlian dan alat yang cukup untuk menghidupkannya kembali, tentu akan merepotkan bila perjalanan masih jauh.

Itulah tadi tips merawat motor di musim hujan, semoga bermanfaat tips sederhana yang dapat dilakukan sendiri. Untuk perawatan yang lebih maksimal bawa motor anda ke bengkel resmi, serahkan kepada mekanik yang lebih mahir setidaknya tiga bulan sekali. (pr/SII)

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.