Tingkatkan Produktivitas Peternakan Dan Pertanian

oleh -
Tingkatkan Produktivitas Peternakan Dan Pertanian

Kalimantan Tengah – Kabupaten Murung Raya, Bisnis Ternak Sapi memang salah satu usaha yang memerlukan ketelitian dan kesabaran khusus dalam menjalankannya. Tidak mudah, dikarenakan ada banyak sekali hal hal yang perlu diperhatikan baik dalam kandang sendiri ataupun dampak terhadap lingkungan sekitar. Seperti salah satunya adalah kotoran sapi dimana hal ini sangat perlu diperhatikan agar tidak mengganggu aktifitas lain terutama aktifitas para penduduk di sekitar kandang.

Lalu bagi anda para pengusaha sapi agar selalu dibekali dengan pengetahuan lengkap seputar sapi dan bagaimana mengurusnya dengan baik. Karena seperti yang kita ketahui, mengurus sapi memerlukan tenaga ekstra dibandingkan ternak lainnya seperti ternak ayam, kambing, cacing dan lain lainnya. Untuk itu mari kita bahas bagaimana bisnis ternak sapi yang baik dan benar agar usaha ternak sapi berjalan lancar.

“Ada beberapa kelompok tani yang sudah terbentuk dan berjalan dalam kurun waktu 2 (dua) tahun ini. Dan ditahun ini ada sekitar kurang lebih 50 ekor sapi yang berasal dari bantuan pemerintah. Hanya untuk penyediaan pakannya yang belum terealisasi dari pemerintah yang ada saat ini. Hanya swadaya dari masing-masing kelompok untuk pakannya” ungkap Kepala Desa Juking Pajang.

Kepala Desa menyampaikan kedepan jika usaha peternakan sapi potong ini semakin meningkat. Rencana kami ingin mendirikan BUMDES untuk mengatur regulasi keluar masuk atau jual beli sapi potong ini. Sehingga ada pendapatan desa kedepannya.

“Untuk potensi lainnya Desa Juking Pajang juga fokus untuk pertanian sayur-sayuran. Karena selama ini untuk mengisi panjualan sayur di pasar pelita hilir. Banyak dari hasil pertanian sayur-sayuran dari desa juking pajang”, pungkas nya. (Tim SII Kalteng)

Comments

comments