Tandatangani Pakta Integritas, PPK se-Jabar Siap Bertugas

oleh -

BANDUNG – Pelantikan 3.135 anggota PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) se-Jawa Barat dilakukan hampir serentak di setiap kabupaten/kota sejak tanggal 29 hingga 31 Oktober 2017. Seluruh Komisioner KPU Jabar bergerak maraton dan menyebar menghadiri acara pelantikan tersebut.

“Mereka yang dilantik akan bertugas di Pilgub Jabar dan Pilbup atau Pilwalkot 2018,” kata Komisioner KPU Jabar Endun Abdul Haq di Bandung (31/10).

Endun menegaskan pihaknya sebelumnya sudah mengantisipasi dan melarang calon PPK untuk ikut seleksi kembali jika sudah menjabat selama dua periode. “Kalau sudah dua periode, tidak boleh ikut lagi. Mayoritas PPK saat ini merupakan muka baru, jadi kami akan gencar melaksanakan bimbingan teknis dan pelatihan. Kami sudah mendesain ratusan bimbingan teknis untuk meningkatkan profesionalitas PPK,” katanya.

Ia juga menegaskan, PPK harus memiliki profesionalitas dan integritas yang kuat lantaran pelaksanaan Pilgub Jawa Barat bersamaan dengan pilkada di 16 kab/kota. “KPU Jawa Barat akan menindak tegas penyelenggara pemilu yang tidak profesional dan tidak berintegritas,” tegasnya.

Itu pula sebabnya, Endun mengingatkan kepada seluruh anggota PPK untuk memegang teguh Pakta Integritas, yakni : PPK siap menyelenggarakan kebijakan dan manajemen KPU, siap menjalankan prinsip-prinsip KPU, siap melaksanakan nilai dasar penyelenggaraan pemilu, siap menjalankan pokja sesuai kode etik dan kode perilaku, menjalankan tupoksi dengan sesungguh hati, siap tertib administrasi, siap melayani dengan penuh tanggungjawab, siap tertib adminstrasi, siap melakukan asas koordinasi berkala, dan menjalankan anamat demokasi dengan penuh tanggungjawab. [Rls/St]

 

Comments

comments