Taman Edukasi Bojongsuren Satgas Citarum Mulai Dimanfaatkan Oleh Warga

oleh -

KAB. BANDUNG, sorotindonesia.com,- Taman Edukasi Citarum Harum di Bojongsuren, Kelurahan Pasawahan, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, hasil karya Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 06/Citepus bersama warga masyarakat, meski belum 100 persen tuntas, namun sudah mulai dimanfaatkan oleh warga untuk berkumpul.

Ini tampak setelah taman yang dibuat dari bantuan banyak pihak dan dukungan penuh Dansektor 21 Kolonel Inf Yusep Sudrajat, telah menyelesaikan pemasangan lampu taman dibeberapa titik, sehingga kondisinya terang pada malam hari.

“Kami sudah pada tahap finishing untuk penyelesaian pembangunan Taman Edukasi Bojongsuren, termasuk pemasangan lampu yang menjadikan taman terlihat jelas di malam hari,” kata Dansubsektor 21-06 Satgas Citarum Pelda Edy Purwanto kepada media, (9/3/2019).

“Hadirnya taman disini yang dilengkapi dengan gazebo, selain untuk tempat aktifitas warga dan edukasi Citarum Harum, juga sebagai pos pemantauan aliran sungai,” ujar Edy Purwanto.

Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 06/Citepus ini, sebelum membangun taman, juga telah menyelesaikan pembuatan bak sampah bakar untuk kepentingan dan kenyamanan warga agar tidak ada lagi sampah yang dibuang ke aliran sungai.

“Menjadi tugas kami untuk mempelopori dan memberi contoh kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan akan tetapi membuang sampah ke bak sampah bakar yang telah dibangun oleh Subsektor 21-06. Untuk bak sampah yang bukan bak sampah bakar sifatnya hanya menampung sampah sementara, untuk itu masyarakat seyogyanya mengelola sampahnya yang sudah tidak berdayaguna dan dimasukkan ke dalam karung terlebih dahulu, agar memudahkan kami untuk mengangkutnya ke truk pada saat kendaraan dari Dinas Kebersihan datang,” jelas Edy Purwanto.

Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 06 Pantau Pembangunan IPAL PT Artostex

Pada kegiatan patroli sungai, jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 06/Citepus turut memantau progress pembangunan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) mandiri milik PT Artostex. Perusahaan produk tekstil ini merupakan salasatu pelanggan dari IPAL komunal yang dikelola oleh PT MCAB, Cisirung, Dayeuhkolot.

“Kami dari satgas selalu mengarahkan kepada menajemen pabrik untuk segera membangun IPAL untuk turut mendukung kelestarian lingkungan. selain memberikan motivasi pasukan satgas juga turun langsung ke lapangan untuk melaksanakan pengontrolan rutin, termasuk membantu apabila ada kendala di lapangan. salah satu contoh kendalanya adalah pihak pabrik merasa perlu bantuan untuk memperlancar proses pembuangan tanah galian kami pasukan satgas membantu koordinasi dengan pihak terkait untuk kelancaran kendaraan proyek yang mengangkut tanah galian sampai sasaran,” terang Dansubsektor 21-06 Satgas Citarum Pelda Edy Purwanto.[St]

Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 06/Citepus saat mengecek progress pembangunan IPAL PT Artostex, Dayeuhkolot.
Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 06/Citepus saat mengecek progress pembangunan IPAL PT Artostex, Dayeuhkolot.

Comments

comments