Tak Kenal Libur, Satgas Citarum Lanjut Bersihkan Sampah Sungai

oleh -
Tak Kenal Libur, Satgas Citarum Lanjut Bersihkan Sampah Sungai

sorotindonesia.com, Kab. Bandung,- Seakan tak kenal hari libur, jajaran Satgas Citarum Sektor 21 terus bergerak mengamankan sampah di bantaran dan aliran sungai.

Seperti hari ini, tampak di Dusun Rancaengang Kulon RW 08, Desa Rancamulya, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Bandung, jajaran Satgas Citarum Subsektor 21-7/Cisangkuy, bersama warga masyarakat membersihkan dan merapikan sampah di dua titik yang meluber sampai ke jalan, Minggu (11/11/2018).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Ketua RW 01, Agus. Jumlah personel yang terlibat kurang lebih 30 orang, yang terdiri dari Satgas 10 personel dan 20 orang warga.

Menariknya, sampah yang menumpuk di pinggir jalan Rancaengang yang bersebelahan dengan Sungai Cisangkuy, menurut pengakuan Agus bukan berasal dari warganya. “Sampah yang tertumpuk disini sengaja dibuang oleh warga dari wilayah lain yang sambil lewat,” ujarnya, kesal.

Pengakuan tersebut dibenarkan oleh seorang warga yang tinggal berdekatan dengan lokasi sampah itu, Lulu (34), “Kami disini jelas terganggu dengan sampah yang dibuang orang lain ke tempat itu. Karena sampah kami sendiri sudah ada yang kelola,” katanya kepada wartawan. “Bahkan kami seringkali menegur orang yang ketahuan buang sampah kesitu, dan memfotonya,” ujar ibu yang memiliki anak yang masih kecil ini.

Diwawancara terpisah, Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat melalui Serka Dia Rohdiana dilokasi kegiatan mengatakan, “Lokasi karya bakti hari ini sudah direncanakan sebelumnya, selain disini, juga di bantaran dekat Jembatan Waas,” terang Serka Dia.

“Sampah di dua titik ini sudah menumpuk, kurun beberapa hari. Ini sangat mengganggu kenyamanan masyarakat dan berpotensi sampah-sampah itu jatuh ke aliran sungai. Sehingga kami semaksimal mungkin, sejauh mana kepedulian masyarakat untuk membantu kebersihan dilingkungannya,” jelasnya.

“Inshaallah, sampah yang kita bersihkan hari ini, sudah dikoordinasikan dengan LH Kabupaten, akan diangkut hari selasa besok,” ungkapnya.

Disebutkan oleh Serka Dia Rohdiana, kesulitan yang disampaikan tokoh warga Rancaengang Kulon pada pihaknya adalah ketiadaan TPS di wilayah tersebut. “Ya, Pak RW menyampaikan keinginan agar ada TPS diwilayahnya,” pungkasnya.

Kegiatan karya bakti jajaran satgas bersama warga tersebut selesai sekitar pukul 13.00. [St]

 

Comments

comments