Sungai Cimut Kejar Predikat Bebas Sampah

oleh -
Sungai Cimut Kejar Predikat Bebas Sampah

CIMAHI, sorotindonesia.com,- Sungai Cimahi di wilayah tugas Sektor 21 Satgas Citarum Subsektor 14/Cimahi Utara (Cimut) kondisinya kini sudah berangsur-angsur bersih dari sampah.

Hal ini tampak saat wartawan meninjau bagian sungai wilayah Citeureup Rw 19 dan di Rw 08 Rt 02 saat ada kegiatan karya bakti satgas bersama warga, Senin (7/1/2019).

Ditemui oleh wartawan dilokasi kegiatan karya bakti tersebut, Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat melalui Serka Zaenal Zaenudin mengungkapkan, tugas Subsektor 21-14/Cimahi Utara tanggung jawab wilayah tugasnya di sepanjang daerah aliran sungai kurang lebih 3 Km, mulai dari batas Cisarua hingga Cibabat, selebihnya masuk ke wilayah Subsektor Cimahi Selatan & Tengah.

Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat kepada wartawan mengungkapkan, “Ya, itu sudah bagian kewajiban kita dalam melaksanakan perintah dari Perpres No.15 tahun 2018. Sungai harus bersih dari sampah. Terlebih Sungai Cimahi sebagian wilayahnya langsung bersentuhan dengan masyarakat,” ujarnya.

Persoalan yang dihadapi di wilayah Cimut, dijelaskan oleh Zaenal Zaenudin, adalah sampah rumah tangga, sedimentasi serta pendangkalan sungai. “Alhamdulillah, persoalan sampah dipermukaan sungai selama 6 bulan kami bertugas, sudah banyak berkurang, namun diakui masih ada saja sampah dari lingkungan masyarakat yang lolos ke aliran sungai,” ungkap Zaenal.

“Maka dari itu, komunikasi dan sosialisasi serta pendekatan kepada warga masyarakat senantiasa kami lakukan setiap hari,” tambahnya.

Untuk mengatasi sedimentasi dan pendangkalan sungai, jajaran Satgas Citarum Subsektor 21-14/Cimut disebutkan terkendala dengan luas ruang bantaran, “Sulit untuk alat berat bisa bekerja di aliran sungai ini karena adanya keterbatasan ruang. Jadi, sebagian besar untuk mengatasi sedimentasi, kami lbersama warga dan ecovillage lakukan secara manual,” kata Zaenal, yang wilayah tugasnya bebas dari limbah pabrik atau industri.

Tampak dibeberapa titik lokasi wilayah terdapat kolam-kolam ikan milik masyarakat yang sumber airbya mengambil dari aliran sungai.

Ditempat yang sama, Ketua Rt 02 Rw 08, Didi, saat diwawancarai oleh wartawan, mengapresiasi kehadiran jajaran Satgas Citarum dari TNI Kodam III/Siliwangi ini.

Alhamdulillah, dulu sebelum ada TNI, sungai kondisinya kotor dan banyak sampah, sekarang sudah bersih,” kata Didi.

Didi berharap dengan hadirnya satgas, lingkungan tetap terjaga.

“Kami juga mengimbau agar warga turut mencintai kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan,” imbau Didi untuk warganya.[St]

Kegiatan Satgas Citarum di Cimut
Serka Zaenal Zaenudin dan Ketua Rt 02 Rw 08 Citeureup, Cimahi, saat diwawancarai oleh wartawan, Senin (7/1/2019).

 

Comments

comments