Seru, Pelaksanaan Penanaman Pohon Memperingati HPN 2020 di Cipageran Cimahi

oleh -

CIMAHI, sorotindonesia.com,- Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020 yang dilaksanakan oleh PWI Pokja Kota Bandung bekerjasama dengan Sektor 21 Satgas Citarum, berlangsung seru. Kegiatannya adalah penanaman bibit pohon di area pembibitan Cipageran, Kota Cimahi, yang diikuti oleh ratusan peserta yang datang dari unsur pemerintah,TNI-Polri, komunitas, pengusaha, mahasiswa, insan media dan warga masyarakat sekitar, Sabtu (22/2/2020).

Para peserta penanaman pohon tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut, bahkan diantaranya baru pertamakali melakukannya. Menariknya lagi, pohon yang ditanam oleh masing-masing peserta diberi tanda dengan nama yang dimaksudkan bila dikemudian hari berkunjung lagi ke lokasi tersebut bisa menengok pohon yang ditanamnya.

Pada kesempatan tersebut Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat, S.IP, M.Si., sekaligus memperkenalkan lahan pembibitan pohon seluas 5 hektar yang bekerjasama dengan Pemkot Cimahi ini kepada ratusan orang peserta yang berasal dari unsur pemerintah Kota Cimahi, TNI-Polri, akademisi, perusahaan, komunitas, mahasiswa dan media, untuk tujuan dihutankan dan kedepannya dijadikan tempat edukasi alam atau hutan wisata bagi warga Cimahi dan sekitarnya.

“Kita minta tolong kepada akademisi, burung endemik apa yang bisa berkembang disini, sehingga kita bisa lepasliarkan di kawasan ini guna membangun kembali ekosistem sesuai habitatnya, dan menjadi tempat edukasi alam,” kata Kolonel Yusep kepada Dr Herlina Agustin, pakar komunikasi lingkungan UNPAD yang turut hadir pada kegiatan penanaman pohon tersebut.

Sebelumnya, di sela kegiatan penanaman sekitar 2.000 bibit pohon di lokasi tersebut, Kolonel Yusep mengucapkan selamat Hari Pers Nasional dan berterimakasih kepada jajaran PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Pokja Kota Bandung dan para jurnalis yang telah menginisiasi terlaksananya kegiatan penghijauan. “Insan pers sudah menunjukan teladan, selain menjalankan fungsi selain sosial kontrol, juga lingkungan. Selamat Hari Pers Nasional, semoga semakin jaya dan terpercaya,” ucapnya.

Kesempatan yang sama, pada sambutannya, Kepala DLH Kota Cimahi, M. Ronny mengatakan, “Kegiatan ini luar biasa, karena pentahelix disini hadir semua,” katanya.

“Saya saat ini bahagia, tempat ini kondisi sebelumnya tidak begini, tapi sudah disulap oleh Dansektor 21 dalam waktu satu bulan. Terus terang, dengan personil kami yang terbatas tidak akan sanggup membuat tempat ini menjadi seperti sekarang. Oleh karena itu saya ucapkan terimakasih kepada Sektor 21, dan sekaligus mengucapkan selamat Hari Pers Nasional, semoga pers sebagai sumber informasi, kontrol dan alat untuk edukasi, ini bisa tetap terjaga,” ucap M. Ronny.

Terpisah, Ketua PWI Jawa Barat, H. Hilman, yang hadir pada kegiatan tersebut dan berkesempatan turut menanam pohon, saat ditemui oleh awak media menyebutkan, “Ini adalah rangkaian Hari Pers Nasional yang diawali di Banjar Baru bersama Presiden Joko Widodo. Dikatakan bahwa pers juga harus peduli kepada lingkungan. Dan yang disebutkan tadi oleh Komandan Sektor 21 disini sangat luar biasa, pentahelix harus hadir di bidang lingkungan atau ekosistem,” kata H. Hilman.

Lebih lanjut dijelaskannya, “Kita pers peduli kepada lingkungan, terlebih Citarum sempat menjadi sungai terkotor sedunia, tapi kalau bisa dilihat sekarang mungkin predikat itu sudah terbantahkan, dengan bantuan kerjasama TNI, masyarakat, LSM, dan komponen lainnya, semua punya peran termasuk pers. Kerjasama ini tentu akan mempercepat pemulihan Sungai Citarum menjadi lebih bersih, lebih indah, dan bermanfaat bagi masyarakat luas terutama Jawa Barat,” harap H. Hilman.

Ketua PWI Pokja Kota Bandung, H. Hardiansyah menambahkan, “Kegiatan seperti ini saya harap terus berlanjut, dengan adanya Sektor 21 dan Sektor lainnya mungkin bisa bekerjasama, mudah-mudahan Jawa Barat ini kedepan bisa lebih bersih lagi dan bermanfaat bagi masyarakat di segala bidang,” tambahnya.

[St]

Comments

comments