Semangat Kembangkan Kopi Dan Kakao

oleh
Semangat Kembangkan Kopi Dan Kakao

Kalimantan Tengah – Kabupaten Murung Raya, Produksi kakao dan kopi akan sangat ditentukan oleh kondisi lahan yang ada, potensi produksi yang dimiliki oleh suatu tanaman akan terekspresi dengan baik bila faktor lingkungan yang diperlukan sesuai. Tanaman kakao dan kopi akan memberikan tingkat produksi yang lebih baik apabila ditanam pada kondisi yang diinginkan oleh pertanaman kopi dan kakao tersebut.

Tingkat produksi pada lahan yang sesuai akan memberikan tingkat produksi yang maksimal dibandingkan dengan lahan yang dibawah optimum Oleh karena itu lahan merupakan salah satu faktor pembatas yang sangat penting untuk pertanaman kopi dan kakao.

Beberapa waktu yang lalu Bupati Murung Raya menyampaikan sambutannya pada kegiatan Pelatihan Pengembangan Kopi dan Kakao tahun 2016 yang dilaksanakan oleh Dinas Perkebunan Kabupaten Murung Raya dan dihadiri oleh beberapa kelompok tani, kamis (1/9).

“Saya ingin memberikan motivasi bagi para petani guna menacapai keberhasilan yaitu realistis bekerja menggeluti pertanian dengan fokus, semangat, serius, menjiwai dan tekun. Mari kita bersama-sama perkuat sektor pertanian dan perkebunan, dengan adanya Pelatihan Pengembangan Kopi dan Kakao ini saya mengharapkan petani dapat berhasil”. Kata dia.

Perdie menilai petani di Kabupaten Murung Raya belum fokus dalam usahanya bertani dan berkebun jadi perlu kita berikan motivasi berupa pelatihan dan bimbingan dari penyuluh pertanian secara intensif kepada petani. (yud/fss)

Semangat Kembangan Kopi Dan Kakao

Comments

comments