Dandim 0824: Selamat Merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1438 H

oleh -
Idul Fitri 1 Syawal 1438 H
Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Rudianto

Jember, Idul Fitri 1 Syawal 1438 H kalau pada tahun masehi jatuh pada tanggal 25/06/2017. Sedangkan saat sekarang ini tanggal 23/06/2017 sehingga kurang kurang 2 Hari lagi masyarakat utamanya umat Islam sudah berhari raya atau dikenal juga dengan istilah lebaran.

Wawancara dengan Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Rudianto pada Jum’at 23/06/2017 terungkat kalimat yang cukup puitis bahwa “Lebaran kali ini akan terasa istimewa karena kita akan disuguhi pemandangan ke-Bhinneka Tunggal Ika-an sesuai dengan yang digambarkan Mpu Tantular dalam kitab Sutasoma,  Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa”.

Lebih lanjut Letkol Inf Rudianto menjelaskan, “Lebaran tahun ini akan jatuh pada hari Minggu tepatnya tanggal 25 Juni 2017 tersebut di saat masyarakat Muslim menuju lapangan untuk melaksanakan sholat Idul Fitri maka pada saat yang sama yang Nasrani menuju gereja untuk melaksanakan ibadah pagi.”

Keindahan masyarakat sosial khas Indonesia akan terlihat pagi itu, mereka kesemuanya menemui sang penciptanya dan menuju keridhaan Tuhannya.

Himbauan Letkol Inf Rudianto kepada masyarakat Jember sejak jauh-jauh mengajak bahwa kita sepakat untuk tidak seorangpun merusak suasana tersebut. Untuk itu saya mohon semua berpartisipasi menjaganya, karena suasana tersebut juga berpotensi diskenariokan oleh orang yang tidak bertanggungjawab, untuk menciptakan kekeruhan dengan memanfaatkan suasana tersebut.

Untuk itu Letkol Inf Rudianto berharap kepada jajarannya dan semua pihak untuk benar-benar meningkatkan kewaspadaannya. Sehingga warga masyarakat dapat melaksanakan ibadahnya dengan baik, aman, lancar dan khidmat, sekali lagi mari kita jaga kondusifitas Kabupaten Jember.

“Kami TNI bersama aparat keamanan penjaga keutuhan NKRI memiliki keterbatasan, namun bersama rakyat kita bisa menembus batas. Untuk itu mohon partisipasi dari seluruh masyarakat Jember untuk memelihara rasa toleransi dan kondusifatas Kabupaten Jember yang selama ini mantap,” Tegas Letkol Inf Rudianto.

Menutup wawancaranya Letkol Inf Rudianto atas nama pribadi dan keluarga serta Keluarga Besar Kodim 0824 Jember mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H. Minal Aidzi Wal Faidin Mohon Maaf Lahir dan Batin. (sis24)

Comments

comments