Sektor 7 Satgas Citarum Terima 30 Mahasiswa KKN Tematik Dari UGM

oleh
Sektor 7 Satgas Citarum Terima 30 Mahasiswa KKN Dari UGM

BANDUNG,- Sektor 7 Satgas Citarum kedatangan sebanyak 30 mahasiswa KKN Tematik dari Universitas Gajah Mada (UGM) yang akan berada di wilayah tugas yang dipimpin oleh Komandan Sektor 7 Kolonel Kav Purwadi sampai dengan tanggal 31 Juli 2018 mendatang.

Para mahasiswa yang berasal dari Fakultas Teknik, Ekonomi, Matematika, Kimia, Pertanian, Fisika, Nuklir, Sastra, dan Kesehatan Masyarakat ini pada hari, Rabu (27/6/2018), mengikuti kegiatan pemaparan materi sosialisasi Program Citarum Harum oleh Dansektor di Balai Desa Dayeuhkolot.

Materi yang disampaikan diantaranya tentang latar belakang dibentuknya Satgas Citarum, permasalahan Sungai Citarum dan kondisinya saat ini dari hulu sampai dengan hilir, Susunan tugas Satgas Citarum, hasil survei, observasi dan pengecekan terhadap air dan ikan di Sungai Citarum, serta solusi untuk mengatasi masalah Citarum.

“Termasuk yang dijelaskan adalah progress report selama 4 bulan Satgas bekerja,” terang Kolonel Kav Purwadi kepada wartawan melalui pesan singkatnya.

Selain menerima mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) dari UGM, selanjutnya Sektor 7 dijadwalkan akan kedatangan 80 mahasiswa KKN dari Universitas Airlangga (Unair) tanggal 9 Juli hingga 23 Juli 2018, 40 mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dari minggu ke-2 Juli selama 40 hari dan 40 mahasiswa lainnya dari Unikom tanggal 9 Juli hingga 23 Juli 2018.

Keberadaan mahasiswa KKN di lingkungan Sektor Satgas Citarum ini merupakan program yang telah dicanangkan oleh Menristekdikti Profesor M Nasir pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2018 yang digelar di Grha Sanusi Hardjadinata Universitas Padjadjaran, Jl. Dipatiukur, Kota Bandung, Kamis (3/5/2018) lalu. Saat itu Menristekdikti meluncurkan dan mencanangkan program KKN Tematik Citarum Harum bertajuk Sumbangsih Pendidikan Tinggi Untuk Wujudkan Citarum Harum.

Ada 3 sasaran dari KKN Tematik ini yang disampaikan oleh Menristekdikti, pertama, pendampingan dan edukasi kepada masyarakat. Kedua, hasil dari pendidikan tinggi di implementasikan kepada masyarakat, dan ketiga, bagaimana meningkatkan ekonomi masyarakat. [St]

Comments

comments