Sektor 21 Satgas Citarum Lokalisir Saluran Limbah Tiga Pabrik Di Kawasan Sunson Rancaekek

oleh
Sektor 21 Satgas Citarum Lokalisir Saluran Limbah Tiga Pabrik Di Kawasan Sunson Rancaekek

Kab. Sumedang, sorotindonesia.com,- Komandan Sektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat beserta jajaran Subsektor 15, kembali bersikap tegas dengan menutup 3 (tiga) lubang pembuangan limbah pabrik di kawasan Sunson Rancaekek, Jl. Raya Rancaekek, Kabupaten Sumedang, Selasa (6/11/2018).

Tiga pabrik itu adalah PT Dae Sung 1 dan 2 serta PT Kosina. Ketiganya adalah perusahaan tekstil yang memproduksi kain.

“Kita hari ini, Satgas Citarum Sektor 21, melaksanakan penutupan lubang (pembuangan limbah) PT Dae Sung, pabrik yang melaksanakan kegiatan yang industrinya WJL, dari benang ke kain,” jelas Dansektor.

Diterangkan oleh Dansektor, “Sebelum dilokalisir, kemarin jajaran mengambil dokumentasi disini, pembuangan limbahnya kotor berwarna putih, dan setelah kita cek kesini memang tidak memiliki IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah). Alasan mereka sekarang sedang membuat fasilitas pengolahan,” terangnya.

“Saat ini kita lokalisir agar tidak mencemari saluran air masyarakat,” tegas Dansektor.

Lebih lanjut Dansektor menjelaskan bahwa sebetulnya perusahaan-perusahaan yang dilokalisir hari ini relatif pengolahan limbahnya lebih mudah karena tidak ada proses pencelupan (dyeing). “Tapi tetap menggunakan zat kimia dan air, hasil limbahnya langsung dibuang dan harusnya diolah dulu dengan baik, meski tidak sebanyak perusahaan pencelupan,” jelasnya.

Menanggapi penutupan saluran pembuangan limbah tersebut, pihak perusahaan dari Dae Sung yang diwakili oleh Ade, mengatakan, “Kita sekarang langsung kerja untuk membuat filter, kemarin bicara kita langsung kerja,” ujar Ade kepada wartawan.

“Karyawan kita banyak, tapi bagaimana lagi, kita terima saja karena mungkin kita salah. Selama ini kita membuangnya (hasil olahan produksi) langsung,” kata Ade lagi. Ia berdalih bahwa selama ini pihaknya tidak menggunakan kimia untuk proses produksi.

Sayangnya, saat dilaksanakan lokalisir di PT Kosina oleh jajaran satgas, tidak ada perwakilan perusahaan yang mau memberikan tanggapannya. [St]

Comments

comments