Satgas Citarum Subsektor Sumedang Intai Siluman Limbah

oleh -
Satgas Citarum Subsektor Sumedang Intai Siluman Limbah

SUMEDANG, sorotindonesia.com,- Jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15/Sumedang laksanakan giat pengintaian saluran pembuangan limbah perusahaan industri yang menuju ke aliran sungai yang bersda di wilayah tugasnya.

Seperti tampak pada hari, Selasa (30/4/2019) malam hingga subuh, disaat kebanyakan masyarakat sedang tertidur lelap, Dansubsektor 21-15/Sumedang Serka Eri Krisyana beserta tim malah hilir mudik disepanjang aliran sungai melakukan pengintaian ke lubang pembuangan limbah sejumlah pabrik.

“Kita mendapatkan laporan dari masyarakat, ada pabrik disini yang masih kucing-kucingan membuang limbah dalam kondisi yang kurang optimal langsung ke aliran sungai di waktu-waktu serta jam tertentu,” ungkap Serka Erik, sapaan akrabnya saat dikonfirmasi wartawan.

Berbekal senter yang dinyalakan sesekali serta sepatu karet dan pakaian yang disesuaikan dengan kondisi, beberapa kali anggota satgas yang bertanggungjawab untuk mengembalikan ekosistem di DAS Citarum ini mengendap-endap atau bahkan duduk berlama-lama sambil dengan seksama memperhatikan pembuangan hasil olahan limbah. Termasuk di salasatu pabrik yang pembuangan limbahnya berada di bagian belakang benteng dan sangat dekat dengan pemakaman umum.

“Kita tidak akan segan menindak pabrik yang ketahuan kucing-kucingan buang limbah,” tegas Serka Erik.

“Satu kali waktu pasti kita akan temukan,” ujarnya, yang kegiatan malam itu tidak menemukan yang dicari.

“Kita, Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor Sumedang senantiasa bekerja bersama dengan masyarakat,” ucapnya mengingatkan.

“Lagipula bagi kami, kerja di siang atau malam hari itu sama saja,” tambahnya lagi.

Tugas rutin jajaran Subsektor Sumedang ini adalah membersihkan dan memelihara aliran sungai agar bebas dari sampah dan limbah, serta sosialisasi kepada warga masyarakat untuk turut menjaga kebersihan lingkungan.[St]

Comments

comments