Bebersih Sungai Dan Tanam Pohon, Giat Sinergitas Satgas Citarum Sektor 21 Sumedang Bersama Pelaku Industri Dan Warga Masyarakat

oleh -

SUMEDANG, sorotindonesia.com,- Jajaran Satgas Citarum Kodam III/Siliwangi Sektor 21 Subsektor 15/Sumedang akan bersinergi dengan pelaku industri dan warga masyarakat di Desa Sindang Pakuon, Desa Cihanjuang, dan Desa Sukadana, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, pada kegiatan karya bhakti bersih-bersih dan penanaman pohon dalam rangka Gerakan Indonesia Bersih di daerah aliran Sungai Cimande.

Hal ini diungkapkan oleh Dansektor 21 Kolonel Inf Yusep Sudrajat, S.IP, M.Si., kepada wartawan saat melaksanakan sidak ke sejumlah pabrik produk tekstil di Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Senin (29/4/2019).

“Ya, kegiatan tersebut merupakan inisiatif dari Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor Sumedang bersama perusahaan-perusahaan yang ada disana untuk berbuat bagi lingkungan dan masyarakat,” terangnya.

“Rencananya kegiatan karya bhakti dalam rangka Gerakan Indonesia Bersih ini akan dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 2 Mei 2019 di sekitar daerah aliran sungai Kecamatan Cimanggung,” tambah Dansektor.

Tujuan dari kegiatan ini, lanjut Kolonel Yusep, untuk menumbuhkan kesadaran dan kebersamaan komponen masyarakat, warga dan juga perusahaan guna menjaga serta memelihara kebersihan lingkungan, terutama di daerah aliran sungai.

Kondisi Sungai Cimande sendiri kerap kali mendapat sorotan, karena sampah rumah tangga masih saja ditemukan di aliran sungai, meski juga sering diangkat. Butuh upaya dan kesadaran ekstra kuat dari seluruh komponen masyarakat secara terus menerus agar aliran sungai dan juga lingkungan pemukiman bebas dari sampah.

Direncanakan, kegiatan bersih-bersih sungai dan penanaman pohon ini akan turut dihadiri oleh antara lain Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat, Koramil dan Polsek Cimanggung, Camat Cimanggung, aparatur dan warga Desa Sindang Pakuon, Desa Sukadana, Desa Cihanjuang, SMAN 1 Cimanggung, MTs Yasta Bunter, serta perwakilan dari sejumlah pelaku industri.

Tempat terpisah, Dansubsektor 21-15/Sumedang Serka Eri Krisyana mengatakan kepada sorotindonesia.com, bibit pohon yang akan ditanam merupakan bibit pohon produktif yang berasal dari PT Coca Cola Bottling Indonesia Sumedang-Plant, sebanyak kurang lebih 1.000 batang.[St]

Bebersih Sungai Dan Tanam Pohon, Giat Sinergitas Satgas Citarum Sektor 21 Sumedang Bersama Pelaku Industri Dan Warga Masyarakat
Kondisi aliran Sungai Cimande di jembatan Jl. Raya Rancaekek, yang kerap tertutup oleh sampah yang mengakibatkan terhambatnya aliran sungai dan menciptakan ketidaknyamanan bagi warga sekitar. [Foto: dok. Istimewa]

Comments

comments