Satgas Citarum Subsektor Rancaekek Bantu Warga Terdampak Puting Beliung

oleh -
Satgas Citarum Subsektor Rancaekek Bantu Warga Terdampak Puting Beliung

BANDUNG, sorotindonesia.com,- Luar biasa, selain bertanggungjawab untuk menata ekosistem di wilayah sungai, bukan berarti jajaran TNI Satgas Citarum berpangku tangan terhadap kesulitan warga yang terdampak bencana alam di wilayah tugasnya.

Seperti halnya bencana angin puting beliung yang terjadi di Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung. Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 01/Rancaekek beserta komponen masyarakat lainnya ikut bahu membahu membereskan puing-puing pasca peristiwa angin puting beliung yang menurut catatan BPBD Kabupaten Bandung telah merusak sekitar 640 rumah di Rancaekek.

“Kegiatan yang dilaksanakan Sektor 21 Citarum Harum Subsektor 01/Rancaekek berjumlah 11 personil pada hari ini, tanggal 12 Januari 2019, mulai pukul 08.00 WIB, bersama dengan relawan (gober) sebanyak 7 orang ikut serta membereskan puing-puing pasca bencana angin puting beliung,” jelas Dansubsektor 21-01 Kapten Inf Ujang Mulyana kepada wartawan.

Diterangkan oleh Ujang, “Kami membereskan puing-puing yang berserakan dampak dari bencana tersebut, serta membantu memasang genting rumah warga yang rusak terbawa oleh angin di Perumahan Rancaekek Permai 2, Desa Jelegong,” terangnya.

Meski jajaran Satgas Citarum bertugas sesuai Perpres No.15 tahun 2018 adalah mengembalikan ekosistem DAS Citarum, inisiatif membantu dampak kebencanaan tetap dilakukan.

“Kami ikut peduli terhadap peristiwa tersebut, dan sebagai makhluk sosial, sepantasnya kami membantu saudara-saudara kita yang tertimpa bencana,” ujarnya.

Kegiatan selanjutnya, kata Ujang, adalah ikut menjaga keamanan dan ketenangan warga.

“Kami tidak segan untuk terjun langsung membantu warga yang terkena musibah seperti membersihkan puing puing yang berserakan serta membantu memasang genteng rumah yang terbang akibat terbawa angin, sehingga warga tersebut secepatnya bisa untuk menempatinya kembali,” pungkas Dansubsektor yang juga selaku Danramil Rancaekek Kodim 0609.

Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15 Atasi Pohon Tumbang

Sebelumnya, jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15/Sumedang pada hari yang sama saat terjadinya peristiwa angin puting beliung di Rancaekek, juga telah turun tangan mengevakuasi pohon tumbang yang melintang di jalan sehingga menimbulkan kemacetan yang terjadi di Desa Sindang Pakuon, Kecamatan Cimanggung.

“Kebetulan kejadian itu di dekat posko kami tinggal, karena melihat kemacetan parah, kami cek ke lokasi sumber kemacetan, dan ternyata ada pohon yang tumbang. Saat itu kami lihat pengendara hanya melihat dan menunggu dibawah guyuran hujan deras,” ujar Dansubsektor 21-15 Sertu Eri K.

“Setelah kami datang, kami langsung berupaya memindahkan pohon tersebut dengan peralatan seadanya meski hujan sedang deras, agar para pengendara bisa melanjutkan perjalanannya,” kata Eri.

“Kami potong terlebih dahulu dahan-dahan pohon yang tumbang itu, lalu mengajak para pengendara untuk mendorongnya. Alhamdulillah, dengan kerjasama, beramai-ramai pohon yang tumbang itu dapat teratasi dan jalan kembali dapat dilewati,” terang Eri kepada wartawan.

Jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15/Sumedang membantu menyingkirkan pohon tumbang yang melintang di jalan Desa Sindang Pakuon, Kecamatan Cimanggung, beberapa waktu lalu.

Sertu Eri menuturkan, “Selain tugas kami mengatasi daerah aliran sungai serta limbah pabrik, tapi kami juga turut peduli apabila ada warga yang membutuhkan, kami siap membantu,” pungkasnya.[St]

 

Comments

comments