Satgas Citarum Subsektor Cisangkuy Bersihkan Bantaran Sungai Di Desa Sukasari

oleh -
Satgas Citarum Subsektor Cisangkuy, Berjuang Ciptakan Keindahan Daerah Aliran Sungai

KAB. BANDUNG, sorotindonesia.com,- Jajaran TNI Kodam III/Siliwangi Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 7/Cisangkuy, bersihkan bantaran sungai di wilayah Desa Sukasari, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Bandung, Senin (28/1/2019).

Bersama dengan warga, jajaran satgas pada kegiatan tersebut membenahi bantaran sungai yang sudah tertutup oleh rerumputan dan tanaman liar yang sudah cukup tinggi.

“Ini sudah menjadi bagian tugas rutin kami untuk menciptakan aliran sungai bersih dari sampah, juga limbah industri,” kata Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat melalui Dansubsektor 21-07/Cisangkuy Sersan Kepala (Serka) Dia Rohdiana.

Dijelaskannya lebih lanjut, “Kita berharap kondisi bantaran selalu terawat, karena bila rumput dan tanaman liar dibiarkan, kedepannya berpotensi pada penyempitan badan sungai.Selain itu, bila rumput meninggi, kerap dimanfaatkan oleh oknum warga yang belum sadar lalu membuang sampahnya kesitu, ujungnya nanti ada penumpukan sampah,” urai Serka Dia Rohdiana.

Menurut Serka Dia, patroli dan pembersihan daerah aliran sungai selama ini dilakukannya secara simultan.

“Beres di bantaran sungai Desa Sukasari, kami akan sisir lagi ke desa yang lainnya, dan nanti akan kembali lagi ke Desa Sukasari. Biasanya saat kembali, kondisi rerumputan sudah tinggi lagi,” terang Serka D Rohdiana yang jajarannya sedang fokus bertugas menyisir Sungai Cisangkuy yang melintasi 3 kecamatan, yakni Kecamatan Banjaran, Pameungpeuk dan Baleendah.

Untuk persoalan sampah, lanjut Serka Rohdiana, Dansektor 21 sudah membangun tempat pengolahan sampah bagi masyarakat di sejumlah titik lokasi. “Ada satu yang sudah diresmikan dan diserahterimakan, antara lain di Desa Langonsari,” terangnya lagi.

Dansektor 21 Kolonel Inf Yusep Sudrajat pada satu kesempatan menjelaskan bahwa apa yang sudah dilakukan oleh satgas, adalah bagi masyarakat.

“Sesuai amanat Perpres No.15 tahun 2018, tugas kami selaku Dansektor di Satgas Citarum adalah mengembalikan ekosistem di DAS Citarum,” ucap Dansektor.

Ditambahkannya, “Kini kondisinya sudah ada kemajuan, warga masyarakat ada yang sudah kembali melakukan aktifitas di DAS Citarum, baik itu untuk mencuci, bermain, dan berenang,” tambahnya.

“Kedepannya diharapkan biota sungai seperti belut, ikan mujair, sudah bisa berkembang dengan baik. Ini perlu selalu diingatkan kepada warga masyarakat dan pelaku industri untuk sama-sama kita jaga dan lestarikan kondisi DAS Citarum agar tetap bersih dan membawa manfaat,” pesannya.[St]

 

Comments

comments