Satgas Citarum Sektor 21 Bangun Tanggul Dan Taman Edukasi Di Bantaran Sungai Cimande

oleh -
Satgas Citarum Sektor 21 Bangun Tanggul Dan Taman Edukasi Di Bantaran Sungai Cimande

SUMEDANG,- Jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15/Sumedang bersama dengan warga dan komponen masyarakat, melaksanakan kegiatan pembenahan lahan bantaran Sungai Cimande di wilayah RW 03 Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, untuk dimanfaatkan sebagai Taman Edukasi Citarum Harum.

“Lahan ini tadinya kurang terawat, sehingga kita bersama komponen masyarakat lainnya membereskan tempat ini untuk dijadikan lokasi aktifitas warga dan tempat bermain anak-anak serta sekaligus sebagai tempat sosialisasi dan edukasi,” kata Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat melalui Dansubsektor 21-15 Sertu Eri Krisyana atau yang akrab disapa Erik kepada wartawan, Rabu (30/1/2019).

“Tanggul sudah beres dikerjakan dan sudah dibendung. Tinggal nanti kita akan buat jembatannya,” ungkap Erik.

Taman Edukasi ini nantinya, jelas Erik, akan difasilitasi dengan tempat bermain anak, jogging track, taman bacaan, dan sarana olahraga lainnya.

“Ya, bila memungkinkan, kita akan upayakan ada fasilitas wifi,” kata Erik yang beserta jajarannya serta warga getol membersihkan dan merapikan daerah aliran Sungai Cimande wilayah Desa Cihanjuang.

Tujuan yang ingin dicapai dengan hadirnya Taman Edukasi ini di bantaran, jelas Erik, sebagai bentuk sosialisasi dan penyadaran kepada warga masyarakat untuk lebih mencintai sungai dan kebersihan.

“Jika kebersihan daerah aliran terpelihara, masyarakat tentunya akan merasa nyaman beraktifitas. Sungai disini masih dimanfaatkan untuk mencuci, dan sekarang digunakan anak-anak untuk berenang,” terangnya.

Jajaran Sektor 21 Satgas Citarum di Kampung Bunter tersebut juga telah membangun sarana bak sampah agar warga tidak lagi menumpuk sampah rumah tangga di bantaran sungai.

“Untuk Taman Edukasi ini, mudah-mudahan kurang dari 3 minggu kedepan sudah selesai dikerjakan,” pungkas Erik yang beserta jajarannya tidak lepas dari tugas rutinnya melaksanakan patroli sungai dan pengecekan IPAL pabrik. [St]

Comments

comments