Satgas Citarum Sektor 21 Bangun Sarana Bak Sampah Untuk Warga

oleh
Satgas Citarum Sektor 21 Bangun Sarana Bak Sampah Untuk Warga

Bandung,- Untuk membantu mewujudkan kebersihan lingkungan di tengah lingkungan warga masyarakat, jajaran Satgas Citarum Sektor 21 mulai mempersiapkan pembuatan bak-bak sampah dibeberapa titik wilayah tugas Subsektor.

Seperti halnya hari ini, Bahan material untuk pembuatan bak sampah tersebut sudah diturunkan di Subsektor 6/Citepus dan Subsektor 14/Cimahi Utara, Rabu (14/11/2018).

Pengadaan bak sampah ini dianggap penting karena berdasarkan kondisi dan keinginan warga yang kerap kesulitan untuk membuang sampah disebabkan ketiadaan TPS di wilayahnya. Diharapkan, dengan keberadaan bak sampah yang sudah dikoordinasikan dengan pengurus warga setempat, bisa membantu agar warga tidak lagi membuang sampah sembarangan, terlebih ke aliran sungai atau selokan.

“Ya, direncanakan di tiap Subsektor ada sekitar dua hingga lima bak sampah yang dibangun,” kata Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat saat memberikan keterangannya kepada wartawan.

Dituturkan oleh Dansektor, persoalan sampah menjadi salasatu prioritas utama dalam program kerjanya melaksanakan revitalisasi Sungai Citarum sesuai dengan amanat Perpres No. 15 tahun 2018.

“Kami sudah melaksanakan kegiatan-kegiatan karya bakti dengan mengambil sampah di sungai maupun di tepi-tepi sungai. Selanjutnya, prajurit maung Siliwangi di Subsektor setiap hari melaksanakan patroli-patroli untuk menemukan titik-titik dimana masyarakat membuang sampahnya ke sungai. Serta kami melakukan sosialisasi terus menerus dengan cara anjangsana ke masyarakat yang pada dasarnya ingin mengajak dan memberikan edukasi serta penyadaran masyarakat dari hati ke hati agar tidak membuang sampah sembarangan ke aliran sungai,” tuturnya.

“Tujuannya adalah perubahan opini, sikap dan perilaku di masyarakat,” tambah Dansektor.

Namun diakui oleh Dansektor 21 ini, dilapangan ada saja kendala yang ditemukan, “Kita sosialisasi jangan buang sampah sembarangan, tapi ada warga yang bertanya, buang sampahnya kemana?” ujar Yusep. “Wilayah tugas kami, misalnya di Kabupaten Bandung, jumlah anak-anak Sungai Citarum itu banyak. Tapi baru beberapa yang baru bisa kami tangani sekarang. Kenyataannya, belum banyak tersedia tempat pembuangan sampah sementara (TPS) untuk warga,” ungkapnya.

Untuk mengatasi kendala tersebut, pihak Sektor 21 Satgas Citarum Harum sudah merencanakan pembangunan sarana, mulai dari bak sampah di RT-RT.  “Idealnya ada TPS di tiap RW atau kelurahan, motor sampahnya ada, dump truck-nya ada, serta TPA-nya juga yang terpenting,” pungkas Kolonel Yusep. [St]

Comments

comments