Satgas Citarum Pasang Larangan Tanam Sayur Di Blok Kertamanah

oleh
Satgas Citarum Pasang Larangan Tanam Sayur Di Blok Kertamanah

SOROTINDONESIA.COM, Kabupaten Bandung,- Jajaran Satgas Citarum Sektor Pembibitan yang dipimpin langsung oleh Dansektor Kolonel Inf Yanto Kusno Hendarto, pasang papan himbauan di lahan perkebunan PTPN VIII blok Kertamanah yang bertuliskan agar masyarakat tidak lagi menanam sayur di lokasi tersebut, Sabtu (28/7/2018).

Langkah itu dilakukan oleh Satgas Citarum Sektor Pembibitan karena kawasan tersebut masuk kedalam daerah konservasi.

Dansektor Pembibitan Kolonel Inf Yanto saat memberikan keterangannya kepada wartawan melalui pesan singkatnya menyebutkan, “Kegiatan pemasangan papan himbauan itu dilaksanakan oleh prajurit Siliwangi bersama dengan Adm PTPN VIII, Dedy, dan Waka Adm Somantri, serta masyarakat relawan bela alam,” terangnya.

Dijelaskan oleh Dansektor, “Himbauan itu isinya agar warga penggarap tidak menanam sayur di lahan perkebunan blok Kertamanah. Karena selain menggarap lahan tanpa izin, juga perkebunan tersebut adalah wilayah konservasi,” jelasnya.

Menurut data yang ada, di blok Kertamanah ini pernah terjadi peristiwa gerakan tanah pada tahun 2015 lalu yang mengakibatkan jatuhnya korban 9 orang, bahkan 2 korban diantaranya hingga saat ini belum ditemukan.

“Kita mendorong kawasan tersebut untuk ditanami jenis tanaman keras dan kopi oleh PTPN,” kata Dansektor.

Menurut Dansektor lagi, apabila penggarap sekarang yang menguasai di lokasi tersebut berkeinginan untuk tetap menggarap, kita dorong untuk menanam kopi dan kayu dengan pola Multipurpose Tree Species (MPTS) yang perizinannya dikeluarkan oleh pihak PTPN VIII sesuai prosedur. [St]

Comments

comments