Satgas Citarum Laksanakan Karya Bhakti Di Sungai Kalimalang Cimahi

oleh -
Satgas Citarum Laksanakan Karya Bhakti Di Sungai Kalimalang Cimahi

CIMAHI, sorotindonesia.com,- Jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 13/Cimahi melaksanakan karya bhakti membersihkan Sungai Kalimalang dari sampah bersama dengan tim DPKP Cimahi, tokoh masyarakat dan warga RW 02 Kelurahan Melong, Kota Cimahi, Minggu (30/6/2019) pagi.

Kegiatan yang melibatkan lebih dari 125 orang untuk membersihkan aliran sungai dan parit sepanjang kurang lebih 1 kilometer tersebut diawali dengan apel untuk kemudian berbagi wilayah tugas.

Seluruh unsur yang terlibat dalam karya bhakti ini tampak antusias mengangkat sampah yang menyangkut dan tertumpuk di badan sungai meski dengan menggunakan peralatan seadanya.

Kurang dari dua jam, sampah yang berhasil dikumpulkan hampir sebanyak satu truk yang telah disiapkan oleh DLH Kota Cimahi untuk mendukung kegiatan tersebut.

Wilayah RW 02 Kelurahan Melong itu sendiri merupakan daerah di Kota Cimahi yang selama ini kerap digenangi banjir saat musim hujan akibat dari meluapnya Sungai Kalimalang.

Ditemui oleh wartawan seusai kegiatan karya bhakti, Ketua RW 02 Kelurahan Melong, Suryana, menyatakan terimakasihnya atas sinergitas yang terjadi pada kegiatan karya bhakti yang terlaksana hari ini.

“Ya, saya berterimakasih kepada tim dari Satgas Citarum Cimahi dan warga yang terlibat dalam kegiatan kerja bhakti pada hari ini. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin,” kata Suryana.

Diakui oleh Suryana bahwa wilayahnya di RW 02 yang terdiri dari 5 RT sering digenangi oleh banjir. “Banjir di daerah jembatan RW 02 ini datang saat musim hujan, kadang-kadang juga dari banjir kiriman,” keluhnya. “Jadi, seringkali akses jalan disini terpaksa ditutup bagi kendaraan saat terjadi banjir,” tambah Suryana.

Kesempatan yang sama, Dansubsektor 21-13/Cimahi Serda Ahmad menjelaskan, “Hari ini kita melaksanakan kegiatan karya bhakti bersama dengan warga masyarakat di lingkungan aliran sungai di RW 02 Kelurahan Melong. Tentunya kita akan senantiasa memberikan support untuk kegiatan-kegiatan seperti ini guna menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap kecintaan terhadap lingkungannya,” ucapnya.

Selain pelaksanan karya Bhakti membersihkan sungai di RW 02, di wilayah RW 01 Kelurahan Melong juga dilaksanakan karya Bhakti yang melibatkan warga dengan sasaran membangun bak sampah.

“Terimakasih sebelumnya atas bantuan semua pihak, saat ini kami membangun bak sampah yang kami namai Bak Sampah Mancong. Jadi, bak sampah ini bukan hanya untuk warga RW 01 saja tetapi digunakan bersama-sama dengan warga RT 05 RW 14 Kelurahan Utama,” kata Cecep Irfan, Ketua RW 01 Kelurahan Melong saat diwawancara oleh wartawan didampingi oleh Ketua RT 02/01 Ahmad Sopandi serta Ketua RT 05/14 Kelurahan Utama.

“Awalnya kita mengelola sampah masing-masing, dan kita mencari solusi yang baik khususnya untuk warga Kampung Mancong, akhirnya diputuskan membuat satu bak sampah di tempat ini. Ukurannya 10 x 6 meter, yang bisa menampung 2 hingga 3 colt per tiga hari,” pungkasnya.(St)

Ketua RW 01 Kelurahan Melong, Cecep Irfan, di lokasi pelaksanaan karya Bhakti pembangunan bak sampah Mancong, Minggu (30/6/2019).

Comments

comments