Satgas Citarum Cimahi Pasang Jaring Sampah Besi Di Aliran Sungai Cibaligo

oleh -
Satgas Citarum Cimahi Pasang Jaring Sampah Besi Di Aliran Sungai Cibaligo

sorotindonesia.com, CIMAHI,- Jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 13  laksanakan giat pemasangan jaring sampah besi di aliran Sungai Cibaligo, Kota Cimahi, Selasa (26/11/2019).

Kegiatan yang dibantu oleh karyawan PT Leuwitex ini, sebagai antisipasi aliran air yang membawa sampah dari arah hulu sungai menuju ke hilir, Sungai Citarum, terlebih saat terjadi turun hujan deras.

“Kami, Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 13 pada hari ini, Selasa 26 November 2019, melaksanakan pemasangan jaring sampah di Sungai Cibaligo, yang berlokasi di RT 03 RW 01, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi,” jelas Serka Lilik dan Andri, anggota Subsektor 21-13.

“Kegiatan ini turut juga dibantu secara teknis oleh rekan-rekan karyawan dari PT Leuwitex sebanyak 5 orang,” tambahnya.

Jaring sampah tersebut beroperasi secara semi mekanis menggunakan sling. Hal ini untuk meminimalisir kerusakan. Bila permukaan air sungai meluap, posisi jaring bisa diatur.

“Rencana untuk pemasangan jaring sampah ada di tiga titik. Diantaranya sungai Cibeureum dan Cimahi Industri. Sementara baru dipasang di satu titik, karena yang dua jaring masih dalam proses pembuatan,” ungkapnya.

Jajaran Satgas Citarum ini juga berharap, dengan pemasangan jaring sampah ini bukan berarti memberikan toleransi pada oknum warga masyarakat untuk membuang sampah sembarangan. “Mudah-mudahan jaring sampah ini sebagai pemicu kesadaran warga masyarakat untuk terus menerus mengelola sampah rumah dan sanpah domestiknya dengan baik. Jangan sampai tercecer hingga aliran sungai. Kita sama-sama cintai lingkungan kita, kota kita, dan sungai kita bersama,” pungkasnya.

(St)

Comments

comments