Satgas Citarum Cileunyi Bersihkan Sampah Di Daerah Aliran Sungai Cikeruh

oleh -
Satgas Citarum Cileunyi Bersihkan Sampah Di Daerah Aliran Sungai Cikeruh

sorotindonesia.com, KAB. BANDUNG,- Anggota Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 02 Cileunyi, laksanakan giat pembersihan sampah dan tanaman liar di area aliran Sungai Cikeruh yang melintas di Kp. Lembang Jambe, Desa Bojongloa, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Rabu (23/10/2019).

Kegiatan yang dilakukan bersama warga pelopor kebersihan sungai tersebut, guna kelancaran aliran sungai dan mengantisipasi jelang datangnya musim hujan. Selain itu, untuk meminimalisir sumber penyakit akibat dari genangan air yang disebabkan aliran air tidak berjalan dengan lancar.

“Setelah apel pengecekan personil, kita anggota satgas bersama warga melaksanakan karbak (karya bakti) pembersihan sampah dan tanaman liar di daerah aliran Sungai Cikeruh di Kp. Lembang Jambe RT 04 RW 02, Desa Bojongloa, Kecamatan Rancaekek,” jelas Serka Ahmad Jamroni, anggota Satgas Citarum Subsektor 21-02.

“Daerah sasaran pembersihan sepanjang kurang lebih 100 meter,” terangnya.

“Hasilnya, kita berhasil mengangkat sekitar 100 kilogram sampah, untuk kemudian setelah kering kita bakar,” tambahnya.

Pihaknya, tutur Ahmad Jamroni, akan senantiasa berupaya agar pendangkalan  aliran sungai akibat dari penumpukan sampah dan terhalang tanaman liar dapat teratasi.

Kegiatan rutin jajaran Satgas Citarum sesudah pelaksanaan karya bakti di aliran sungai, berlanjut seusai isoma, yakni komunikasi sosial (komsos) dengan cara bertemu dan berbincang langsung dengan warga.

Pada kegiatan tersebut, anggota Satgas Citarum Subsektor 21-02 menyebar ke beberapa wilayah. Hal yang disampaikan oleh anggota satgas adalah mengajak warga masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya, terutama di daerah aliran sungai.[St]

Comments

comments