Satgas Citarum Bersama Warga Bersihkan Sampah Di Saluran Air Solokan Jeruk

oleh
Satgas Citarum Bersama Warga Bersihkan Sampah Di Saluran Air Solokan Jeruk
[Foto: dok. istimewa]

Solokan Jeruk, sorotindonesia.com,- Jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 17/Solokan Jeruk bersama dengan komponen masyarakat Desa Solokan Jeruk, Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, bersinergi membersihkan sampah di saluran air Desa Solokan Jeruk, Minggu (4/11/2018).

Titik lokasi pembersihan dilaksanakan dari perempatan Sasak Bengkung hingga Patok Beusi, sepanjang kurang lebih 3 Km. Hadir pada kegiatan kerja bakti tersebut Plt Kepala Desa Solokan Jeruk, Dedi, Linmas dan warga dari 4 kampung, yakni Sasak Bengkung, Sukaraja, Ranca Longong dan Patok Beusi. Yang terlibat diperkirakan lebih dari 100 orang.

“Yang dibersihkan adalah parit dan selokan sepanjang Jalan Raya Rancaekek Majalaya, kira-kira sepanjang 3 Km,” kata Dansubsektor 21-17 Satgas Citarum, Serka S Patrick kepada wartawan.

Dipilihnya lokasi tersebut sebagai sasaran kerja bakti, lanjut Patrick, karena untuk mengantisipasi banjir, “Sekarang musim hujan, makanya saluran airnya kita bersihkan dari sampah yang berpotensi menghambat kelancaran aliran air,” jelas Patrick, sesuai arahan Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat kepada jajarannya untuk lebih intens mengantisipasi hambatan di aliran sungai pada musim hujan kali ini.

Tampak seluruh elemen dan komponen masyarakat antusias dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Pembersihan selain sampah yang terlihat, juga menarik sampah yang berada didalam gorong-gorong.

Kegiatan yang diikuti oleh komponen masyarakat itu juga dikatakan oleh Serka S Patrick, sebagai bentuk penyadaran kepada warga agar tidak lagi membuang sampah sembarangan ke parit. “Sampah yang diangkat hari ini masih didominasi sampah rumah tangga, plastik dan potongan kayu”. [St]

Comments

comments