Resimen Mahasiswa Sebagai Bagian Masyarakat Terlatih Harus Mampu Menjadi Tauladan Dalam Sikap dan Perilakunya Bagi Mahasiswa Lainnya

oleh

www.kodim0824.com.   Resimen Mahasiswa (Menwa) adalah kegiatan kemahasiswaan disetiap kampus perguruan tinggi yang legalitasnya dikuatkan oleh Keputusan Bersama Tiga Menteri yaitu Menteri Pertahanan, Menteri Pendidikan Nasional serta Menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah pada tanggal 11- Oktober 2000 dengan Nomor : KB/14/M/XI/2000, 6/U/KB/2000, dan 39A Tahun 2000 tentang pembinaan dan pemberdayaan Resimen Mahasiswa untuk menghasilkan Sarjana plus serta generasi yang mengerti dan setia pada Konstitusi Negara yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. Keberadaan Menwa tersebut dalam pembentukannya mendapatkan pelatihan dasar kemiliteran dengan pembinaan Komando Distrik Militer setempat.

Pada Jum’at 22/01 bertempat di halaman Kampus Universitas Muhammadyah Jember diselenggarakan apel bersama Menwa Korwil III Jember berjumlah 104 orang yang terdiri dari Menwa Univ Negeri Jember, Menwa Unmuh Jember, Menwa Poltek Jember dan Menwa Univ Islam Negeri Jember dengan Pimpinan Apel Komandan Kodim 0824 Jember. Turut hadir pada kesempatan tersebut Danramil 0824/11 Sumbersari Kapten Inf Jarwo Adi Purnomo beserta anggota, Kaplsek Sumbersari beserta anggota.

Pada pengarahannya Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Muhammad Nas, S.I.P menyampaikan bahwa kondisi yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini adalah proxy war atau perang proxy dimana dalam perang tersebut tidak bisa kita kenali siapa kawan siapa lawan, mereka memanfaatkan aktor non negara, mereka menggunakan masyarakat kurang mampu misalnya untuk menjadi antek mereka.

Proxy War berupaya memecah persatuan dan kesatuan bangsa kita dengan menyebarkan isu-isu radikal dan lain-lain sehingga akan terjadi pertikaian diantara kita, Negara ini dibikin kacau sehingga mudah untuk dikuasai.

Keberadaan Menwa ini sebagai bagian rakyat terlatih dalam sistem pertahanan semesta merupakan compartemen cadangan Pertahanan Negara, dengan bekal yang sudah adik-adik dapatkan berupa kemantapan rasa cinta tanah air dan bela negara, hendaknya selalu melekat disanubari adik-adik sekalian sehingga mampu menjadi tauladan dalam sikap dan perilakunya untuk memberi pengaruh positif bagi rekan-rekan mahasiswa lainnya.

Sebagai Menwa diharapkan mampu menunjang upaya deteksi dini dan cegah dini dengan selalu memberikan informasi sekecil apapun kepada Koramil melalui Babinsa atau Polsek melalui Babinkamtibmas apabila ada rencana kegiatan-kegiatan unjuk rasa dan lain-lain sehingga dapat kita antisipasi sedini mungkin dan tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. (sis24)

 

BERITA BUDAYA DAERAH KESEHATAN NKRI PENDIDIKAN

Comments

comments