Replika Sistem Ekonomi Indonesia

oleh
Replika Sistem Ekonomi Indonesia
Penjelasan pasal 33 tercantum dasar demokrasi ekonomi produksi dikerjakan oleh semua, untuk semua di bawah pimpinan atau pemilikan anggota-anggota masyarakat, kemakmuran masyarakatlah yang di utamakan bukan kemakmuran orang seorang oleh sebab itu perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan, bangunan perusahaan yang sesuai adalah Koperasi.
Para founding father kita sudah merumuskan bangunan ekonomi kita adalah ekonomi kerakyatan yang berbentuk koperasi, yang bertujuan memakmurkan segenap rakyat indonesia. Dan para anggota koprasi adalah pelaku UMKM yang notabene adalah bagian dari rakyat Indonesia yang ikut berpartisipasi dalam proses produksi nasional yang hak-nya dilindungi oleh undang-undang. amanat  UUD 1945 pasal 27 ayat 2 dikatakan  setiap warga negara berhak mendapat pekerjaan yang layak bagi kemanusiaan.

pertanyaaanya bagaimana realisasinya?

Sedikit sekali kita melihat koperasi-koperasi yang maju dan bersaing dengan perusahaan-asing di Indonesia yang bukan berbasis koeprasi. Akan tetapi itulah era globalisasi era pasar bebas yang dengan mudahnya para investor masuk  ke Indonesia dan menerapka sistem ekonomi mereka. Akan tetapi di balik segala kekurangan dan kelebihan negeri ini. Bisa kita temukan koperasi-koperasi di Indonesia yang berjuang untuk kemakmuran hidup para anggota-anggotanya. Di samping pemerintah juga membuat regulasi-regulasi yang bertujuan membangun sitem ekonomi negeri ini  menjadi lebih baik dan terus maju.

Salah satu contoh koperasi UWKM (Usaha Wanita Kreatif Mandiri) kota Pekalongan yang ingin terus maju dan berkembang. tentunya dengan bantuan Pemerintah kota Pekalongan juga Pemerintah Provinsi. Dan tak ketinggalan pemerintah pusat juga andil di dalamnya. pertemuan rutinan yang diadakan sebulan sekali oleh UWKM yang diadakan sebualan sekali bergilir ke kediaman para anggotanya adalah salah satu contoh koprasi yang terus exist.

Pekalongan 14/11 pertemuan UWKM kota Pekalongan di kediaman bpk Eri Purnomo – Ibu Khikmah (si anak singkong)  beralamat di Kuripan Utara Gang 1b yang dihadiri perwakilan Disperindag Kop kota Pekalongan. membahas banyak hal diantaranya.bagaimana mengembangkan usaha-usaha para anggotanya.dan mengagendakan pelatihan yang akan di laksanakan di Pemprov Jateng.menurut salah satu anggota Koprasi UWKM ibu Khikmah.

Menjadi anggota Koperasi sangat bermanfaat diantaranya bisa berkumpul dan bersilaturahmi dan membicarakan hal-hal yang bertujuan mengembangkan usaha masing-masing. Dan juga bisa  bertransaksi jual beli antara satu anggota dengan anggota lainya. Koperasi UWKM  sendiri berdiri pada tanggal 1 Januari 2009 yang sebelumnya bernama KUB (Kelompok Usaha Bersama) yang akhirnya menjadi UWKM. Yang akta notarisnya dibantu oleh Disperindag Kop kota Pekalongan ungkap bpk Ali selaku Ketua Koperasi UWKM.

Koperasi ini beranggotakan para pelaku UMKM dari jenis usaha yang berbeda beda diantaranya, jenis usaha makanan, tekstil dan barang-barang keperluan rumah tangga. Peran Disperindag Kop kota Pekalongan dalam mengembangkan koperasi di Pekalongan diantaranya adalah membuka akses-akses permodalan dan memberikan pelatihan -pelatihan untuk para anggota koprasi pada khususnya dan semua pelaku UMKM pada umumnya ungkap ibu Tanti selaku pewakilan dari Disperindag Kop kota Pekalongan.

Akan tetapi tidak semua pelaku UMKM mendapatkan hak-haknya sebagai pelaku umkm yang di dapat oleh Koperasi UWKM karena minimnya informasi yang di terima oleh masyarakat dan disinilah peran penting media dalam menginformasikan hal-hal yang bertujuan memakmurkan masyarakat. bukan hanya mengkritisi akan tetapi ikut andil dalam membangun bangsa.

Sorot Investigasi Indonesia adalah salah satu media yang ikut memperjuangkan hak-hak para pelaku UMKM di Indonesia, hal ini di buktikan dengan adanya si anak singkong menjadi salah satu binaan dari media ini. Yang bertujuan bersama membangun ekonomi kerakyatan yag digagas oleh para pendahulu kita, salah satu contoh yang bagus dari sebuah Koperasi adalah adanya saling tukar pikiran dan saling mengembangkan usaha untuk berjuang demi kemakmuran bersama  situasi ini  adalah hal yang  jarang kita temui di  sistim ekonomi yang mengadopsi sistem kapitalisme.  inilah salah satu replika sistem ekonomi  Indonesia semoga  Koperasi menjadi pilar ekonomi di negri sendiri demi persatuan dan kesatuan bangsa dengan jalan ekonomi kerakyatan. (ARIS/SII)

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.