Ramos Horta Yakini Masyarakat Papua Masih Ingin Bersama NKRI

Jose-Ramos-Horta-Ketika-Berkunjung-ke-Papua-1

Mantan presiden Timor Leste Jose Ramos Horta menyatakan bahwa sebagian besar masyarakat Papua sebenarnya masih percaya dengan Pemerintah Indonesia. Mereka tidak ingin memisahkan diri dari Indonesia.

SII, Jayapura – Kunjungan Jose Ramos Horta ke Papua tanggal 3 Mei 2016 mendapat sambutan hangat dari Pemerintah Indonesia dan masyarakat Papua. Mantan Presiden Republik Demokratis Timor Leste (RDTL) beserta rombongan datang ke Papua untuk memenuhi undangan dari Menkopolhukam Luhut Panjaitan. Ini sebagai wujud untuk mempererat tali persahabatan yang sudah terjalin selama 20 tahun.

Dalam kunjungannya, Horta menyampaikan harapan kepada Pemerintah Indonesia terutama Presiden Jokowi supaya perkembangan majunya pembangunan di Papua dapat berjalan dengan baik. Terlebih adanya dukungan dana yang sangat besar yaitu 10 Trilyun, 10 kali dari anggaran negara Timor Leste. Pemerintah daerah dan masyarakat harus bisa mengelola dana sebesar itu demi kemajuan dan kesejahteraan Papua supaya tidak tertinggal dengan daerah lain.

Timor Leste mendukung Papua tetap dalam NKRI

Ramos Horta menegaskan bahwa Timor Leste mendukung Papua tetap dalam NKRI dan tidak mendukung kelompok separatis untuk memisahkan diri.Kalau ada kelompok dari Timor Leste yang mendukung lepasnya Papua dari NKRI tunjukkan ke saya dan saya akan memberikan hadiah,” imbuh Ramos Horta. Untuk menyelesaikan permasalahan di Papua, harus diadakan dialog dari seluruh komponen masyarakat Papua. Tidak perlu adanya ikut campur pihak luar, karena hal tersebut akan membuat suasana semakin tidak kondusif. Sebagai negara sahabat, kita wajib mendukung agar konflik di Papua segera terselesaikan secara damai. Indonesia adalah negara Demokrasi yang tidak menerima kekerasan bersenjata dan akan menentangnya apabila ada kekerasan terhadap negara.

Harapan selanjutnya yaitu peningkatan mutu pendidikan bagi generasi muda di seluruh Papua. Masyarakat Papua harus mau belajar dan meningkatkan ketrampilan demi membangun Papua lebih maju. Jangan sampai terbesit pikiran untuk merdeka di masyarakat Papua, meskipun adanya provokasi dari kelompok-kelompok tertentu. Masyarakat Papua harus fokus pada peningkatan mutu pendidikan dan mendukung kebijakan pemerintah demi pembangunan Papua yang sedang berjalan.

Baca:   Adakah Genosida di Indonesia??

SII.Jayapura

Comments

comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.