Pussenarmed Kodiklatad Gelar Uji Terampil Perorangan Bagi Bintara Dan Tamtama

oleh

Cimahi, – Pussenarmed Kodiklatad melaksanakan program latihan perorangan dasar Latorsar dengan pelaksanaan UTP Umum, yang diselenggarakan selama 2 hari mulai tanggal 14 hingga 15 Maret 2018 dan pelaksanaannya dipusatkan di Lapangan Meriam PMDB Pusdikarmed Cimahi, Rabu (14/3/2018).

Latorsar Bintara dan Tamtama Pussenarmed

“Dalam pembinaan latihan, bahwa apa yang diajarkan itu yang dilatihkan, dan apa yang dilatihkan itu yang diujikan serta sesuai dengan kalender latihan tahun 2018 yang menjadi dasar penyelenggaraannya”, ujar Kabaglat Pussenarmed Letkol Arm Satriyono disela – sela kegiatan.

Selama pelaksanaan Latorsar dengan materi yang bersifat keterampilan militer perorangan, seperti Teknik Tempur Dasar, Navigasi Darat, Pertolongan Pertama di Lapangan, Pengetahuan senjata ringan, dan lain- lain, yang berpedoman pada Buku Petunjuk Umum Prajurit ( BPUP ) dari tingkat kecakapan 1 sampai tingkat kecakapan 7, semua tingkat kecakapan tersebut diperuntukkan bagi para Bintara dan Tamtama, dan BPUP tersebut merupakan buku petunjuk standarisasi yang dikeluarkan oleh Mabesad guna menjamin kesamaan penguasaan materi perorangan. Kegiatan latihan ini diikuti oleh seluruh Prajurit golongan Bintara dan Tamtama, sedangkan bertindak sebagai penguji materi adalah Para Perwira Pertama Pussenarmed dengan materi UTP yang sudah disiapkan Staf Ops Denma Pussenarmed yang berpedoman pada Buku Petunjuk Penyelenggaraan UTP Umum.

Kegiatan UTP Umum dibuka oleh Dandenma Pussenarmed Letkol Arm Sudirman selaku Danlat, menyampaikan bahwa kegiatan latihan ini adalah merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap tahun, namun bukan berarti bahwa latihan hanya bersifat ceremonial semata, tetapi UTP Umum ini merupakan tahap latihan untuk menguji keterampilan perorangan dari materi yang telah diperoleh dan dilatihkan pada tahap Latorsar (Latihan Perorangan Dasar), sehingga hasil yang dicapai dapat digunakan sebagai acuan dan bahan evaluasi dalam pelaksanaan latihan kelompok yang harus dilaksanakan pada tahap latihan berikutnya sesuai kalender latihan satuan.

Dandenma juga menekankan kepada seluruh peserta UTP agar melaksanakan latihan ini dengan sungguh-sungguh, sehingga mekanisme latihan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai program dari Komando Atas. Oleh karena itu, laksanakan kegiatan ini dengan mengerahkan segenap keterampilan dan kemampuan yang dimiliki, serta utamakan faktor keamanan personel dan materil.[*]

Latorsar Bintara dan Tamtama Pussenarmed

Comments

comments