Pusdikpal Kodiklatad Selenggarakan Open House For Milenial Generation Peringati HUT Ke-74 TNI

oleh -
Pusdikpal Kodiklatad Selenggarakan Open House For Milenial Generation Peringati HUT Ke-74 TNI

Cimahi,- Pusat Pendidikan Peralatan (Pusdikpal) Kodiklatad menyelenggarakan Open House For Milenial Generation dalam rangka memperingati HUT ke-74 TNI. Acara ini digelar di Lapangan Rahman Pakaya Pusdikpal dan dibuka untuk semua kalangan khususnya pelajar se-Kota Cimahi dan Bandung Raya serta masyarakat sekitar, Kamis (3/10/2019).

Pembukaan acara tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Danpusdikpal Kolonel Cpl Taufan Tjandra Kusuma, S.I.Pem. Dalam sambutannya, Danpusdikpal menyampaikan bahwa acara ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT TNI ke-74. Selain itu juga pameran dimaksudkan untuk mengenalkan berbagai alutsista yang dimiliki Pusdikpal Kodiklatad, khususnya kepada para pelajar yang merupakan milenial generation, sehingga dapat menambah wawasan mereka mengenai jenis peralatan tempur yang dimiliki TNI AD.

Komandan Pusdikpal tersebut juga menambahkan bahwa acara itu berkolaborasi dengan budaya dan kearifan lokal dengan menampilkan Tarian Jaipong yang ditampilkan oleh SMK Taruna Nusantara Jaya. “Harapannya, mereka juga mau ikut mewarisi nilai-nilai kebudayaan Indonesia. Dari kalangan pelajar juga menampilkan Demo Marching Band (SMK Taruna Nusantara Jaya) dan Demo PBB yang diperagakan oleh siswa SMK Karya Bhakti Pusdikpal Kodiklatad,” tambahnya.

Selain itu, digelar pula penampilan Demontrasi Bongkar Pasang Senjata Meriam 76mm/Gunung yang diperagakan oleh Siswa Bintara Montir Senjata Berat Armed, Demolition Asap dan Demontrasi Kolaborasi Bela Diri (Double Stick, Karate dan Pencak Silat). Hal ini dimaksudkan untuk menarik minat para pelajar untuk nantinya dapat bergabung dengan TNI.

Wakil Walikota Cimahi, Ngatiyana, yang turut hadir dalam acara tersebut sangat mengapresiasi acara yang diselenggarakan oleh Pusdikpal Kodiklatad. Ngatiyana mengucapan terimakasih kepada Komandan Pusdikpal beserta jajaran, dan berharap event seperti ini dapat diikuti oleh Pusdik-pusdik yang lain.

Ngatiyana juga menyampaikan bahwa kedepannya Pemkot Cimahi akan melakukan kerjasama dengan Pusdik-pusdik khususnya yang berada di Kota Cimahi untuk mewujudkan heritage military tourism, yang nantinya akan menjadi salah satu tujuan destinasi wisata Kota Cimahi.

Menurutnya, hal ini akan menguntungkan bagi TNI, mayarakat, maupun Pemkot Kota Cimahi, karena kota Cimahi dulunya adalah pusatnya militer sejak zaman Belanda tahun 1887. “Dengan dijadikannya destinasi wisata, tentunya akan menyerap tenaga kerja dan meningkatkan UKM masyarakat kota Cimahi,” harap Ngatiyana.

Mayor Cpl Teguh Budi Susilo selaku ketua penyelenggara menyampaikan, dalam kegiatan Open House For Milenial Generation ini, ada 4 stand yang digelar oleh Pusdikpal, diantaranya Stand Senjata (Senapan mesin berat, sedang dan ringan, Senapan SS 1 V1 dan R5, Senapan SO Minimi, Senapan FNC, SMG, Pistol, Mortir, QCB), Stand Munisi (Munisi Kaliber Besar, Kecil dan Munisi khusus, Disposal set, Munisi Link), Stand Kendaraan (Anoa, Tank M 113, AMX 13, Ranum Avanza, Trainer Electrical System, Trainer Engine Diesel, Trainer Transmisi), Stand Teknik Mekanik (Las TIG dan MIG, Kompresor/Genset, 3D Printing Simulation, Film Kerja Tekmek/CNC).

Tidak hanya itu, pihak penyelenggara juga menyediakan sarana outbond seperti tali ayunan, jembatan tali 2, dan jaring pendarat yang bisa digunakan oleh para pengunjung. Sejumlah pengunjungpun antre untuk dapat menaiki kendaraan tempur Anoa, mereka antusias menaiki dan berkeliling dengan kendaraan tempur Anoa.

Diperkirakan 1.629 pelajar yang berasal dari SMA dan SMP se-Kota Cimahi serta masyarakat sekitar yang hadir dalam kegiatan ini.

Tampak pula hadir dalam kegiatan ini Paban Log Kodiklatad, Para Danpusdik jajaran Kodiklatad, Kasubdit Bin Diklat Ditpalad, Dandim 0609/ Cimahi, Kapolres Cimahi, Wadanyon Armed 4/Parahyangan, Direktur PT Pindad, Perwakilan Dispora Cimahi.(*)

Comments

comments