Produk Perikanan Transmart Disertifikasi Jaminan Mutu oleh BKIPM Bandung

oleh -
Penyerahan Sertifikat oleh BKIPM Bandung pada Perwakilan Transmart
Penyerahan Sertifikat oleh kepala BKIPM Bandung pada Perwakilan Transmart Wira Suwanto, disaksikan Plt Walikota Cimahi Sudiarto.

CIMAHI, BKIPM Bandung pada bulan bhakti karantina dan mutu hasil perikanan pada bulan April ini, BKIPM menyerahkan sertifikat Jaminan Mutu & Keamanan Hasil Perikanan Retail Modern kepada Transmart Carrefour di Transmart Cimahi, (25/4).

Acara penyerahan sertifikat ini dihadiri oleh Plt Walikota Cimahi Sudiarto dan Sekdakot Cimahi Ahmad Yani. Serta dihadiri juga oleh jajaran Transmart dan tamu undangan.

Plt Walikota Cimahi Sudiarto pada kesempatan sambutannya mengucapkan terima kasih pada BKIPM (Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan) Bandung yang telah melaksanakan sosialisasi dan memberikan pembinaan yang baik tentang kualitas produk perikanan. “Ini sudah bagian dari upaya meningkatkan masyarakat mengkonsumsi ikan yang sehat dan aman”, ujarnya.

Sudiarto menjelaskan, “mengkonsumsi ikan dapat meningkatkan kecerdasan, ini juga yang harus diberi pemahaman pada masyarakat”, ajak Sudiarto. Selain itu menurutnya ikan harganya relatif lebih murah dari daging.

“Konsumsi ikan tidak sepopuler konsumsi daging, padahal ikan merupakan sumberdaya yang banyak di Indonesia”, terang Sudiarto pada sambutannya itu. “Tentunya agar masyarakat menggemari konsumsi ikan, pemerintah harus membuat regulasi”, harapnya.

Transmart Carrefour yang diwakili Wira Suwarno dari Store Manager PvJ Sukajadi, mengungkapkan rasa senangnya atas gelaran ini, karena ini bisa membuktikan pada masyarakat komitmen dari Transmart untuk selalu memberikan kualitas yang terbaik bagi pelanggannya, “Tentu kami merasa bangga dan confidence untuk menjual produk ikan dan olahan ikan dengan diberikannnya sertifikat ini”, ungkap Wira.

Menurutnya dengan sertifikasi yang diterima Transmart untuk produk ikan dan olahannya, masyarakat semakin percaya untuk membeli ikan di counter Transmart. “Ini selaras dengan 12 pondasi dari Transmart Carrefour, yang salah satu pondasinya adalah Higiene. Hiegene itu kita atur dari ikan datang ke kami dan kita check suhu transporter-nya dan kita pastikan masuk ke loading khusus, ngantri penerimaannya di loading max 15 menit. Setelah itu ikan-ikan tersebut ditangani tidak putus suhu dinginnya 2-4 derajat celcius, kami menjamin suhunya itu terjaga sampai di display”, terang Wira. “Termasuk saat sudah dijual atau sampai kepada pelanggan/customer kami, kami jamin suhunya itu jangan kurang dari 4 derajat celcius, yaitu dengan cara diberikan es di plastik ikan yang sudah dibeli oleh pelanggan tersebut”, pungkasnya.

BKIPM Bandung dan Plt Walikota Cimahi meninjau gerai ikan di Transmart
BKIPM Bandung dan Plt Walikota Cimahi meninjau gerai ikan di Transmart
BKIPM Bandung Akan Bina Produk Perikanan di Pasar Tradisional

Kepala BKIPM Bandung, Dedy Arief, menyatakan bahwa retail wajib dilakukan sertifikasi jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan. “Itu untuk menjamin bahwa masyarakat yang akan membeli ikan terutama ikan segar, masyarakat merasa aman”, Ucap Dedy. Aman yang dimaksudkannya adalah aman dari bahan berbahaya jika dikonsumsi.

“Kami punya niat mencerdaskan masyarakat memilih ikan yang bermutu dan aman dikonsumsi”, ujar Dedy menambahkan.

Untuk pasar tradisional pelan-pelan akan dilakukan pembinaan. “Nanti dari supplier, supplier ke tengkulak kemudian ke pasar retail atau proses dari hulu ke hilir akan kita jamin pelan-pelan. Kita balik dari mulai retail modern sehingga kita bisa mengetahui supplier-supplier dibawahnya”, terangnya.

Lebih lanjut Dedy menjelaskan bahwa selain Transmart ada 4 retail modern lain yang telah request. “Ada beberapa retail yang sudah request ke kita, mudah-mudahan kita bisa realisasikan bulan depan. Tentunya kerjasama dengan Badan POM Bandung”. Ungkap Dedy.

Dedy menjelaskan pada kesempatan itu kepada wartawan bahwa selain BPOM Bandung, pihaknya juga melakukan pengujian, “domain kami adalah ikan segar, sedangkan BPOM menguji ikan-ikan olahan yang sudah mengandung bahan tambahan. Hasil yang kita dapatkan, itu berasal dari sample yang diambil beberapa hari sebelumnya, prosesnya menggunakan mikrobiologi. Hasilnya disini negatif. Negatif salmonella, ecoli dan formalin. Atas dasar itulah kami nyatakan bahwa di retail Transmart ini ikannya aman untuk dikonsumsi dan dijamin mutunya”, jelas Dedy.

Untuk tetap terjaga kualitasnya, pihak BKIPM mengaku siap untuk melakukan pengujian berkelanjutan secara periodik sesuai dengan request dari Transmart. (St).

 

 

 

Comments

comments