Praktek Penggunaan Peralatan Pertanian Bantuan Kementan RI Untuk Brigade Pertanian.

oleh

www.kodim0824.com.  Dijadikannya Kodim 0824 Jember sebagai Brigade Pertanian menuai permasalahan baru yang harus segera dituntaskan yaitu pemahaman dan ketrampilan dalam penggunaan peralatan yang diperbantukan.

Pada Rabu 20/01 berlokasi di lahan sawah milik Gapoktan Mekarsari Ds Rowo Sari Kec Sumberjambe hadir pada kesempatan tersebut instruktur/pembimbing dari Dinas Pertanian Kab Jember, UPT Pertanian Kec Sumberjambe, Kelompok Tani anggota Gapoktan Kec. Sumberjambe, PPL Se Kec Sumberjambe.

Dalam kesempatan tersebut babinsa yang hadir diberikan materi tata cara pengoperasionalan peralatan pertanian, hal yang paling sulit memang pengoperasian Tranplenter (mesin tanam) namun berkat ketlatenan pembimbing akhirnya dapat diopersikan dengan baik dan lancar.

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0824 Kapten Inf Sumaryono saat kami wawancarai disela-sela kegiatan tersebut menyampaikan bahwa nantinya semua peralatan yang ada di Kodim 0824 Jember akan dikerahkan untuk mempercepat pengolahan maupun tanam terutama bagi lahan-lahan yang sampai saat ini belum ditanam karena kesulitan pengolahan lahannya.

Terkait dengan hal tersebut maka Babinsa diharapkan mampu mengoperasionalkan semua peralatan yang ada, sehingga kami tinggal mendukung peralatannya saja untuk tenaga dari Babinsa bersama petani setempat.

Dandim 0824 Jember Letkol Inf Muhammad Nas, S.I.P saat kami konfirmasi secara terpisah membenarkan adanya kegiatan tersebut, hal ini dapat dikatakan pelatihan karena walaupun telah lama mendampingi petani baru kali ini kita dapat bantuan peralatan dan belum pernah mengoperasikan.

Saya kira tidak terlalu sulit, karena hanya tinggal penyesuaian saja. Peralatan yang sudah kita terima pada awalnya 5 unit transplenter, 10 unit mesin pompa air pada tahap berikutnya kita sudah menerima 5 unit tracktor dan 1 unit bego (mesin pengeruk).

Khusus bego atau mesin pengeruk ini akan kita gunakan untuk mengatasi kendala irigasi apabila ada salura yang mengalkami pendangkalan. Jadi digunakan saat-saat insidentil saja nanti akan kita tugaskan satu orang anggota Kodim 0824 sebagai operator khususnya.

 

.

BERITA BUDAYA DAERAH KESEHATAN NKRI PENDIDIKAN

Comments

comments