Prajurit Yonif Badak Putih Dan Kodim Pandeglang Bantu Evakuasi Korban Tsunami Banten

oleh -
Prajurit Yonif Badak Putih Dan Kodim Pandeglang Bantu Evakuasi Korban Tsunami Banten

Serang,- Bencana alam tsunami yang melanda pesisir Selat Sunda, Sabtu Malam (22/12/2018), telah mengejutkan kita semua bahwa terjadinya bencana tidak bisa diprediksi karena merupakan kehendak Ilahi.

Namun demikian, kesigapan yang ditunjukan oleh Prajurit Kodam III/Siliwangi dari Kodim 0601/Pandeglang dan Batalyon Infanteri 320/Badak Putih perlu mendapatkan apresiasi.

Menurut data sementara yang diperoleh dari Danramil Labuan Kapten Inf Indra Darmawan, bencana alam yang memporak porandakan daerah wisata andalan Provinsi Banten tersebut menelan korban 92 orang meninggal dunia, luka-luka 584 orang dan hilang 20 orang.

Sejak pukul 04.00 Wib Minggu 23 Desember 2018, Prajurit Yonif 320/BP yang berlokasi tidak jauh dari tempat bencana sudah langsung diterjunkan melakukan pencarian dan evakuasi korban dan memberikan bantuan obat-obatan sementara yang dibutuhkan.

“Kami fokuskan untuk mencari korban yang selamat untuk di evakuasi ke tempat yang lebih aman ”, ujar Kapten Inf Indra Darmawan.

“Baru kemudian mengevakuasi jenasah, pembersihan puing-puing rumah warga yang runtuh akibat diterjang ombak tinggi dan mengevakuasi kendaraan yang tertimpa pepohonan”, tambahnya.

Daerah yang terkena dampak paling parah adalah Kabupaten Pandeglang, yang terdiri atas kawasan wisata Pantai Carita, Tanjung Lesung, Sumur, Teluk Lada, dan Panimbang.

Hingga saat ini, Prajurit dari Yonif 310/KK yang bermarkas di Sukabumi, Yonif 315/Garuda Bogor dan Yon Armed 5/105 Tarik Cipanas sudah ikut bergabung dengan Prajurit Kodam III/Siliwangi lainnya, bersama-sama dengan komponen lain untuk ikut mengevakuasi para Korban bencana.[*]

 

(Pendam IiI/Siliwangi)

Comments

comments