Prajurit Polisi Militer Harus Menjadi Pelopor Dalam Melakukan Penertiban Terhadap Penegakan Hukum

oleh
Penutupan kegiatan Lidpamfik di Pusdikpom Kodiklatad, Cimahi, (25/4/2018).

Bandung,- Bertempat di Pusdikpom Kodiklatad telah dilaksanakan penutupan pendidikan Lidpamfik (Penyelidikan dan Pengamanan Fisik) dengan Irup Wakil Komandan Pusdikpom Letkol CPM Irsyad Hamdie (25/42018).

Dengan telah selesainya pendidikan Dikpa Lidpamfik, maka para Perwira telah memiliki kualifikasi sebagai Perwira Penyelidikan dan Pengaman Fisik, sehingga diharapkan mampu melaksanakan tugas-tugas sebagai Perwira Penyelidikan dan Pengaman Fisik di satuan Polisi Militer Angkatan Darat.

“Prajurit Polisi Militer harus menjadi pelopor dalam melakukan penertiban terhadap penegakkan hukum, disiplin dan tata tertib secara proaktif, untuk menjadikan TNI Angkatan Darat sebagai institusi yang di awaki oleh personel-personel yang sadar hukum, taat aturan, serta memiliki disiplin yang tinggi,” ujar Irup dalam amanat yang dibacakannya.

Namun perlu disadari, bahwa waktu pendidikan ini sangatlah singkat untuk membentuk sosok Perwira yang profesional dalam melaksanakan tugas Lidpamfik sesuai tuntutan jabatan, untuk itu perlu dikembangkan di kesatuan dengan terus belajar dan berlatih serta pengalaman tugas-tugas lapangan, sehingga ilmu pengetahuan kalian menjadi semakin baik.

“Sadarilah bahwa Prajurit profesional adalah Prajurit yang berdisiplin. Prajurit yang tidak disiplin hanya menjadi beban satuan dan beban negara, dan sudah sepantasnya apabila ada pelanggaran yang dilakukan oleh aparat penegak hukum, tentu akan mendapat sanksi yang lebih berat dibanding Prajurit lainnya, karena aparat penegak hukum lebih memahami masalah hukum, disiplin dan tata tertib,” terang Irsyad Hamdie.

Para mantan Perwira Siswa yang saya banggakan, Sebelum mengakhiri amanat ini, saya perlu menyampaikan beberapa hal untuk dipedomani dan dilaksanakan sebagai berikut :

Sebelum mengakhiri amanatnya, Irsyad Hamdie menyampaikan beberapa poin pesan untuk dipedomani dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, diantaranya, Pertama, Jadikan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan moral dalam berpikir, bersikap dan bertindak setiap Perwira.

Kedua, Laksanakan tugas apapun yang di-berikan secara profesional dan proporsional, cermati dan sikapi perkembangan lingkungan serta perubahan yang menyertai agar tidak hanyut dengan dinamika perubahan tersebut.

Ketiga, Tingkatkan profesionalisme ke-prajuritan melalui budaya belajar dan ber-latih, baik dalam lingkungan penugasan maupun tugas-tugas di satuan.

Keempat, Pelihara dan tingkatkan semangat kerja dan pengabdian diri sebagai insan Prajurit Sapta Marga.

Kelima, Tingkatkan kepemimpinan dan kemampuan manajerial mengingat integritas pribadi dan kapabilitas keilmuan merupakan prasyarat utama yang menentukan keberhasilan pelaksanaan tugas.

Akhirnya kepada Komandan Pusdikpom Kodiklat TNI AD beserta seluruh Staf, para Gumil dan unsur pendukung, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas terselenggaranya pendidikan ini, segera adakan evaluasi dan kaji ulang terhadap pelaksanaan pendidikan secara menyeluruh, guna peningkatan hasil didik di masa yang akan datang.

Kepada para mantan Perwira Siswa, saya ucapkan selamat kembali ke kesatuan masing-masing dimanapun bertugas, perhatikan faktor keamanan dalam perjalanan menuju ke satuan.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa senan-tiasa memberikan petunjuk, bimbingan dan lindungan-Nya kepada kita sekalian dalam melaksanakan pengabdian kepada bangsa dan negara. [*]

Penutupan kegiatan Lidpamfik di Pusdikpom Kodiklatad, Cimahi, (25/4/2018).

 

Comments

comments