PON XIX Tahun 2016 Sukses, Impian Jabar Kahiji Terwujud

Jabar Kahiji Terwujud
pon-xix-tahun-2016-sukses-impian-jabar-kahiji-terwujud

“Kontingen Jawa Barat sebagai penyelenggara PON XIX Tahun 2016 akhirnya memuwujudkan harapannya setelah menjadi “Kahiji”/Juara Umum Pesta Olahraga Nasional Tahun 2016 dan berhasil memborong 217 Emas, 157 Perak Dan 157 Perunggu”

 

Bandung—  Pesta  Pekan Olah raga Nasional (PON) XIX/2016 yang dilaksanakan dari tanggal 17 s.d 29 September 2016 di  Jawa Barat telah resmi ditutup oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Kamis (29/9/2016) malam . Setelah  sukses, PON XX rencananya akan digelar di Papua, 2020 mendatang.

Upacara penutupan PON Jabar 2016 tak hanya berisi pesta kembang api, namun seluruh kontingen dan tamu yang memadati Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, juga diajak mengheningkan cipta untuk korban bencana longsor dan banjir di Garut dan Sumedang.

Sama halnya upacara pembukaan, jalannya acara penutupan PON XIX berlangsung meriah. Sebelum acara puncak Ahmad Heryawan selaku Ketua Umum PB PON XIX menyerahkan pataka KONI kepada Ketua KONI Pusat, Tono Suratman, kemudian diserahkan kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe.

 

Sambutan Wapres JK

 

Dalam sambutannya Wapres RI Jusuf Kalla mengatakan olahraga bukan hanya pertandingan atau kompetisi, namun olahraga bisa menumbuhkan kekuatan fisik, kesrhatan, membina kerjasama, membina kejujuran atau fairplay, kebanggaan, kehormatan dan kegembiraan,. Dari PON diharapkan bisa menumbuhkan indahnya kebersamaan dan kebhinnekaan Indonesia. “Semoga saja prestasi di PON XIX ini bisa berlanjut ajang kompetisi yang lebih tinggi,. Terlbih kita akan menjadi tuan rumah ASIAN GAMES 2018. Saya mengapresiasi penyelenggaraan PON XIX Jabar yang berlangsung lanca, Semoga di Papua Tahun 2020 nanti bisa lebih baik” Katanya.

Baca:   Pembunuh Wanita dengan Gagang Cangkul di Kelamin Ditangkap

Dia menambahkan, “Olahraga dapat menjadi sarana pembentukan generasi muda dan menjaga persatuan  untuk membentuk masyarakat yang lebih baik”.

 

Laporan PON akuntabel

 

Selain itu Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan dari 44 cabang olahraga yang dipertandingkan di 16 kab/kota di Jabar berjalan sesuai jadwal.

“Kesuksesan dari ‘catur sukses’ PON XIX 2016 telah tercapai” Ungkapnya. Pihaknya tinggal menunggu indikator terakhir perihal administrasi laporan penyelenggaraan PON dinilai akuntabel.

55 Tahun Penantian Jabar Kahiji

Sebelumnya Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin di tempat terpisah (27/9/2016) mengatakan, bahwa impian masyarakat Jabar untuk pencapaian Jabar Kahiji terwujud. “Ini adalah berkat kerjasama semua pihak mulai dari atlet, pelatih, pembina, pengurus KONI Jabar, Pemprov Jabar dan seluruh masyarakat Jabar” Ungkapnya.

Dikutip dari Jabarprov.go.id Jawa Barat pertama kali menggelar PON tahun 1961 lalu, tepatnya pada PON V yang digelar pada 23 September – 1 Oktober 1961 dan berhasil keluar sebagai juara umum.Penantian 55 tahun Jawa Barat menjadi juara umum  sekarang terwujud pada PON XIX di Jabar juga .Jargon pencanangan  Catur Sukses bukan hanya slogan akan tetapi terwujud.   Catur atau empat sukes yang dicanangkan diantaranya Sukses Prestasi,  Sukses Penyelenggaraan, Sukses Ekonomi Kerakyatan, dan Sukses Administrasi.

 

Perolehan Medali PON XIX 2016

 

 

gambar tabel : (pikiranrakyat)

(bhq)

Comments

comments



Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.